METRO KOLAKA

Dinkes Kolaka Usulkan Lima Puskesmas Untuk Diakreditasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemkab Kolaka dalam tiga tahun terakhir terus melakukan upaya pemenuhan layanan kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan peningkatan layanan dan fasilitas puskesmas. Dari 14 puskemas yang ada di Bumi Mekongga, empat diantaranya sudah diakreditasi pada tahun 2017. Di tahun 2018, ditargetkan lima puskemas lainnya juga akan diakreditasi.

“Empat puskesmas yang sudah diakreditasi pada tahun 2017 lalu adalah Puskesmas Watubangga, Puskesmas Tangketada, Puskesmas Wolo dan Puskemas Wundulako. Adapun lima puskesmas lainnya yang akan diakreditasi pada tahun ini yaitu Puskesmas Kolakaasi, Puskesmas Samaturu, Puskesmas Kolaka, Puskesmas Pomalaa dan Puskemas Baula,” ungkap Kadis Kesehatan Kolaka, Harun Masirri.

Harun mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75, salah satu syarat agar puskemas dapat terakreditasi yaitu tenaga kesehatan yang ada di puskesmas tersebut harus terpenuhi. Syarat tersebut telah dipenuhi. Olehnya itu, ia optimis hasil penilaian akreditasi pada lima puskesmas yang akan diakreditasi tersebut akan lebih baik.

“Jadi supaya puskesmas tersebut dapat diakreditasi, maka di puskesmas itu harus lengkap tenaga kesehatannya, mulai dari dokternya, dokter gigi, gizi, bidan, perawat, dan farmasinya harus ada. Dan itu sudah kami penuhi di lima puskesmas yang akan diakreditasi,” ujarnya.

Harun menambahkan, dengan terakreditasinya suatu puskesmas, maka menandakan bahwa kualitas pelayanan di puskesmas tersebut terjamin. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh pihak terkait untuk dapat mendukung program tersebut agar puskesmas yang diakreditasi itu nantinya mendapatkan hasil yang baik.

“Lima puskesmas yang akan diakreditasi itu sudah melewati tingkat tahapan awal yaitu penggalangan komitmen dengan stakeholder dan pemerintah kecamatan dan itu sudah dibuktikan dengan penandatangan komitmen,” tutupnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top