METRO KOLAKA

Reses Anggota DPRD, Warga Ulunggolaka Minta Jembatan Rusak Diperbaiki

Jembatan rusak di Ulunggolaka yang dikunjungi tiga anggota DPRD dalam reses masa sidang pertama 2018.FOTO:Mirwanto/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Reses tiga angota DPRD Kolaka, Anis Pamma (Legsilator Golkar), Syarifuddin Baso Rantegau (legislator PDI-P), dan Abdul Jalil Tampa (Legislator Nasdem) untuk masa sidang pertama tahun 2018 di Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada Kamis (8/3), masyarakat mengusulkan agar Jembatan di jalan poros kelurahan tersebut di perbaiki.

Warga mengatakan usulan tersebut harus menjadi prioritas, sebab Kondisi jembatan tersebut dalam tiga tahun terakhir sudah sangat parah. Jembatan yang hanya semi permanen tersebut kondisinya sudah tidak layak dilalui oleh warga karena sebagian besar kayu jembatan tersebut sudah lapuk dan sudah berlubang.

Masyarakat megatakan bahwa jembatan tersebut menjadi jembatan penghubung yang setiap harinya dilalui warga, sudah sangat membahayakan. Untuk saat ini kata warga, jembatan tersebut sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. “Kalau Roda dua masih bisa lewat disampingnya tapi, itu membahayakan, sudah lubang-lubang, kalau mobil sudah tidak bisa leat, jadi harus memutar orang kalau lewat sini,” ungkap Usman, salah satu warga di hadapan anggota DPRD.

Selain jembatan, warga juga menagih janji pemda setempat terkait program  pengaspalan jalan sepanjang 1 km di daerah mereka. Hal itu juga ditegaskan oleh Kepala Kelurahan Ulungolaka, Aswan, agar anggota DPRD yang melakukan reses di daerahnya tersebut memperjuangkannya untuk ditindak lanjuti.

“Warga menagih janji bahwa pernah dijanjikan pegaspalan 1 km di Ulunggolaka diuntuk tahun 2017, tapi setelah ada rasionalisasi itu tidak jadi lagi, ini tahun lai tidak ada, padahal satker PU pernah bilang akan ada, jadi itu minta tolong diperjuangkan, warga tidak marahji dijanji hanya dijelaskan saja,” papar Aswan.

Hal lain yang mengemuka juga dalam reses angota DPRD tersebut adalah mengenai bantuan-bantuan untuk pemuda, kelompok usaha kreatif perempuan dan fasilitas olahraga.

Menanggapi usulan tersebut, Anis Pamma, Legislator Golkar mengatakan bahwa kondisi jembatan tersebut memang sudah sangat parah dan harus menjadi skala prioritas untuk ditindak lanjuti. Kata Anis, jembatan tersebut sangat penting bagi warga karena selain menjadi akses keseharian warga dalam beraktivitas juga menjadi akses untuk menuju lokasi pariwitasa permaindian air panas yang ada di daerah tersebut. Sehingga dirinya mengatakan akan mengawal usulan tersebut bersama anggota DPRD lainnya agar dinas terkait bisa merealisasikannya.

“ Jadi memang ini harus menjadi prioritas, karena selain jalan akses warga, juga jalan ini adalah akses jalan menuju lokasi pariwisata yang ada didaerah ini, makanya perlu ditindak lanjuti, saya dan teman-teman di dprd akan berupaya untuk mengawalnya,” papar Anis.

Sementara itu, legislator PDI-P, Syarifuddin Baso Rantegau, juga mengatakn dirinya akan memperhatikan usulan-usulan masyarakat tersebut. “Insya Allah akan menjadi perhatian kita, apa tadi yang diusulkan, baik itu jembatan, jalan dan hal lainnya,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh legisltor nasdem Abdul Jalil dalam kesempatan reses di kelurahan Ulunggolaka itu. (cr4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top