BERITA UTAMA

Wajib Pilih Kolaka Berkurang

Pleno Rekapitulasi rekapitulasi daftar Pemilih Hasil Perbaikan di KPU Kolaka.

Hasil Pendataan Coklit

KOLAKAPOS, Kolaka–Hasil pendataan Petugas Pemutahiran Data Pemilih atau PPDP dalam kegiatan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Kabupaten Kolaka untuk Pilkada serentak 2018 nanti, dilaporkan jumlah wajib pilih berkurang. Hal itu diungkapkan oleh komisioner KPU Kabupaten Kolaka bidang Perencanaan dan Data, Nur Ali (9/3).

“Kalau menurut hasil laporan Coklit sesuai tahapan dari tangal 20 januari sampai dengan 18 Februari 2018, bukan hasil pleno di PPK, untuk sementara yaitu diperoleh hasil sebanyak 151.665 wajib pilih, turun sedikit dari data Pilpres hasil sinkronisasi DPT Pilpres yaitu 167.861 wajib pilih,” papar Nur Ali.

Lanjutnya turunnya jumlah wajib pilih tersebut dikarenakan ada sebanyak 14.665 orang yang sudah tidak memenuhi syarat. “Pemilih yang tidak memenuhi syarat itu sebanyak 14.665, tidak memenuhi syarat karena meningal dunia, pidah tempat tingal, pemilih ganda dan lain sebagainya,” jelasnya.

Meski berkurang karena ada yang tidak memenuhi syarat pemilih, Nur Ali juga juga memaparkan jika hasil coklit tersebut juga menemukan adanya tambahan pemilih baru atau pemilih pemula sebanyak 16.170 orang.

Nur Ali juga menjelaskan jika hasil Coklit tersebut bisa saja berubah, karena Pleno Pemutahiran data Pemilih masih sementara berlangsung di tingkat Kecamatan dan akan dilanjutkan ditingkat kabupaten hingga rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutahiran di tingkat Propinsi untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS). “Pleno masih berlangsung sesuai tahapan, jadi bisa saja berubah,” tuturnya.

Selain itu, data sementara wajib pilih tersebut bisa bertambah mengingat masih ada wajib pilih atau warga yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) yang belum dimasukkan sebagi wajib pilih. “dan juga masih ada warga yang belum memiliki NIK dan NKK sehingga belum dimasukkan, sambil menunggu surat keterangan dan perekaman dari Capil,” papar Nur Ali. (mirwan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top