METRO KOLAKA

Harga Kopra di Tohari hanya 5000/kg

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Sejumlah petani atau perajin kopra di Toari kecewa akibat harga kopra yang dipatok para pembeli turun tajam hingga mencapai Rp 5.000 perkilogram (kg)

“Kami kecewa, sebab harga kopra turun lagi. Padahal harga awal Kopra Rp. 6000/kg,” kata Runo perajin kopra di Desa Wowoli.

Dia mengatakan, selain harga kopra yang turun. Harga kelapa biji juga mengalami penurunan bahkan yang awalnya Rp. 1.500 perbiji, saat ini turun menjadi Rp1000 perbiji.

“Kami heran entah bagaimana cara pengepul berpatokan harga kopra. Masa Kopra terus mengalami penurunan, kami patani sangat berat jika harga kopra mengalami penururan terus,”tanbahnya.

Turunnya harga yang sekarang ini sudah terjadi perubahan sejak awal februari 2018 yang ke tiga kali terjadi, di mana awalnya mulau dari Rp 7.000, kemudian turun lagi menjadi Rp6.600/kg, turun lagi menjadi Rp5.000/kg.

“Kami mengaharapkan pemerintah untuk menfasilitasi masyarakat petani kelapa. Agar harga Kopra bisa stabil dan setelah harga petani stabil maka petani akan sejahtera,” tambahnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top