KONAWE SELATAN

Bupati Konsel : Pengangkatan Kepsek Bukan Faktor Kedekatan

Bupati Konsel Surunuddin saat membuka kegiatan seminar pendidikan.FOTO:Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, membuka seminar Pendidikan, diikuti seluruh Kepala Sekolah tingkat SD/SMP se-Konsel dan Kabupaten Konawe, sekaligus pengukuhan pengurus Kelompok Kerja Kepsek (KKKS) Wilayah Konsel.

Surunuddin mengatakan, langkah awal bangkitnya mutu pendidikan Konsel adalah dengan kembali merefresh pola pikir Kepsek melalui seminar, untuk melatih dan mengembangkan skill management dan kompetensi para pimpinan sekolah. Di semua bidang yang berhubungan dengan pendidikan.

“Kepsek bertanggung jawab meningkatkan kualitas pendidikan, seperti peningkatan kualitas proses dan hasil belajar yang ditopang oleh guru yang memiliki kapabilitas, loyalitas dan integritas, serta akuntabilitas pelaksanaan tugas dengan bersikap profesional dan Kepsek menjadi suri tauladan serta mampu mengayomi,” jelasnya.

Lanjutnya, Ini juga berimplikasi terhadap hasil penilaian dan status WTP Konsel, yang saat ini disandang, dimana 14 tahun diperjuangkan untuk meraih posisi tersebut. Jadi jika ada satu sekolah saja kurang bagus pengelolaan administrasi dan keuangannya, maka dapat mempengaruhi predikat WTP tersebut, sehingga seminar ini tepat untuk di selenggarakan karena peran Kepsek sangat penting disini dalam membuat laporan agar WTP bisa di tingkatkan kelasnya minimal di pertahankan.

“Saya sengaja datang langsung ke seminar ini, tanpa diwakilkan karena ingin melihat tingkat animo peserta mengikuti seminar, karena kedepan pengangkatan Kepsek bukan karena faktor kedekatan dengan yang berwenang. Tapi murni karena kemampuan kompetensinya melalui seleksi, jika tahap pertama tidak lulus diberikan kesempatan kedua dan jika tidak lulus lagi, maka secara otomatis yang bersangkutan jadi guru biasa,” paparnya.

Sementara itu, Kadisdikbud Konsel H. Saifudin, mengatakan bahwa pelantikan pengurus Forum KKKS, yang dikukuhkan oleh Bupati untuk memfasilitasi para Kepsek dalam meningkatkan kualitasnya, dan kegiatan seminar hari ini juga merupakan langkah awal untuk mengembangkan kompetensi para Kepsek, selanjutnya akan ada tahapan-tahapan yang akan diselenggarakan dalam memajukan pendidikan di wilayah Konsel. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top