KONAWE

Hugua Blusukan Ke Pasar Wawotobi

Cawagub Sultra,  Hugua saat Menyapa Pedagang Dengan Salam Dua Jari. 

KOLAKAPOS, Unaaha–Calon wakil gubernur Sulawesi Tenggara nomor urut 2 Hugua untuk pertama kalinya menyambangi pasar  Wawotobi, Kamis (15/3). Pasangan Asrun ini bertemu dan mendengar curhatan para pedangan pasar wawotobi kemarin. Selain curhatan pedagang, pengunjung pasar tidak lepas dari tegur sapa mantan bupati wakatobi dua periode ini.

Dalam blusukan ke pasar sentral ini, Hugua di dampingi para relawan simpatisan dan pengurus partai pengusung dari Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP), Partai Amanat Nasion (PAN).

Salah salah satu curhatan pedanggan yang sempat di pantau wartawan Kolaka Pos, menyampaikan kepada Hugua agar ketika terpilih nanti, bahan pokok seperti sayur mayur agar di perhatikan kedepan, khususnya di bidang pertanianya dan perkebunan, pasalnya para petani yang bergelut di bidang tanaman jangka pendek ini masih kesulitas akses pengairan irigasi khususnya di desa Lambangi Kecamatan Wonggduku Barat.

“Di Lambangi kita kesulitan air pak (Hugua Red) untuk menanam jangka pendek, tolong di perhatikan nanti,” Harap Siti Muna Sifa pedanggan Sayuran.

Sementara itu Hugua, saat di wawancara mengatakan, kunjungannya ke pasar-pasar ini untuk melihat roda perekonomian masyarakat di semula kabupaten, tidak hanya kabupaten konawe saja,  di jelaskanya, untuk mengetahui perputaran ekonomi satu daerah itu dapat dilihat dari pasar rakyat baik itu yang modern maupun yang masih tradisional. Selain itu, ada beberapa program yang sempat di sampaikan ke para pedagang, dikatakannya program ini dapat membatu pengembangan usaha para pedagang.

” Program prioritas Asrun-Hugua itu adalah program pengembangan pasar, kita paham pasar itu adalah sudah menjadi pusat ekonomi, baik yang di kabupaten, kecamatan dan desa, artinya kebutuhan akan persediaan itu bertemunya di pasar,  jadi kalau pasar rame indikasinya ekonomi itu berkembang,” Kata Hugua.

Lanjut Hugua, posisi pasar sangan bergantung di semua sektor ekonomi masyarakat, untuk itu, agar perputaran ekomoni masyarakat ini berkelanjutan dan berkesinambungan maka pemerintah kedepan akan memperbaiki infrastuktur penunjang di semua pasar demikian dengan infrastruktur jalan.

” Rakyat menengah kebawah kehidupanya itu ada dipasar, petani, nelayan kehidupanya di pasar artinya produk pertanian dan perikanan, perkebunan dan peternakan itu kalau tidak ada pasar pasti tidak akan berkembang, untuk itu maka program yang utama adalah memastikan bahwa pasar berkembang dengan baik, dengan sarana dan prasarana atau infrastruktur pendukung pasar itu sudah memenuhi syarat,” Ucapnya.

Begitu pula, untuk dana pinjaman modal bagi masyarakat tanpa agunan dan bunga akan dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. ” Pasangan Asrun-Hugua mempunyai program untuk bantuan pinjaman tanpa modal, tanpa proposal dan tanpa jaminan programnya itu di sebut Peral, ” Tandasnya.

Saat ditanya, terkait status pendampingnya yang kini di tahan KPK, Hugua menyampaikan semua masih baik-baik saja, ” Beliau (Asrun Red) baik-baik saja, 1 atau 2 hari sebelum pemilihan beliau akan ada di sini (Sultra Red), terakhir berkomunikasi Kamis lalu, dia tegar dan menyampaikan agar kendali lapangan saya lanjutkan, ” Tutup Hugua.(m4).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top