METRO KOLAKA

Hasil Mursenbang 2018 Masih di Proses

KOLAKAPOS, Kolaka–Dari 12 Kecamatan yang ada di Kolaka, harapan masyarakat untuk pembangunan pada 2019 mendatang pada diwilayahnya masing-masing sudah disampaikan langsung kepada pemerintah. Hal itu tertuang dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan mulai dari tingkat Desa atau lurah hingga Kecamatan. Meski demikian, kepastian yang paling dominan menjadi usulan warga bumi mekongga itu, belum juga dipastikan. Sebab, saat ini pihak Bapeda sementara mengumpulkan atau mendata dari semua usulan preoritas untuk masyarakat Kolaka.

Kepala Bappeda Kolaka Sjamsul Kadar mengatakan, hinggga saat ini pihaknya belum bisa merilis apa-apa yang menjadi dominan dan peoritas pembangunan di Kolaka. Sebab, pihaknya sementara melakukan desk atau pengumpulan dari semua aspirasi masyarakat yang tersebar di 100 Desa dan 35 Kelurahan di Kolaka.

“Semua hasil reses anggota DPRD Kolaka yang berlangsung belum lama ini, juga dimasukan dan disatukan. Sama halnya usulan program dari setiap SKPD. Saat ini sementara di desk. Satu dua hari ini baru selesai. Karena dalam minggu ini juga akan dilaksanakan Musrenbang tingkat Kabupaten. Nanti pada saat itu, semuanya menjadi jelas apa-apa yang menjadi dominan untuk progres pembangunan pada 2019 mendatang,” ungkapnya saat ditemui dirung kerjanya, selasa (20/3).

Lanjut Sjamsul setelah pengumpulan selesai, maka semuanya bisa diketahui. Misalnya, berapa jumlah program yang akan dilaksanakan. Baik itu sifatnya fisik maupun non fisik. “Saat ini sementara kompilasi. Baik itu infrastruktur, ekonomi, sosial budaya dan lainnya. Begitu juga aspirasi yang ada. Saat ini disamakan persepsinya, antara usulan SKPD dengan Kecamatan. Begitu juga dengan hasil reses dari DPRD. Itu semua disatukan menjadi RKPD dan itu sudah diatur dalam Undang-undang,” tambahnya.

Sementara itu, ditempat yang lain dan waktu yang sama. Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kolaka Kasbi Dara Maggara, mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi prioritas musrenbang tahun ini untuk progres pembangunan pada 2019 mendatang. Namun kalau berbicara pengalaman dari setiap tahunnya, paling mendominasi pembangunan infrastruktur. Seperti, jalan, jembatan. Begitu juga dengan sarana pembangunan lainnya. Bukan hanya itu katanya, peningkatan ekonomi kerakyatan dan peningkatan sumber daya manusia juga selalu menjadi prioritas. (ing/hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top