METRO KOLAKA

Penerima PKH Kolaka Capai 10.525 KK

KOLAKAPOS, Kolaka–Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kolaka terus bertambah. Pasalnya di tahun 2018 ini, Kolaka mendapat kuota tambahan bantuan yang bersumber dari Kementrian Sosial tersebut sebanyak 5.019 kepala keluarga (KK) dengan tambahan tersebut saat ini kepala keluarga yang mendapat program PKH berjumlah10.525 orang .

“Tahun ini ada tambahan 5.019 KK, tapi setelah kami melakukan validasi di lapangan yang layak menerima hanya 3.900 KK. Pengurangan itu terjadi karena data yang diterima dari pusat tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, dimana penerima ada yang dobel, pindah alamat, dan ada pula yang sudah tidak layak menerima karena ekonominya sudah membaik,”ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Andi Malombasi kepada Wartawan.

Bantuan PKH hanya diberikan kepada kepala keluarga yang berpenghasilan di bawah Rp 600 ribu. Adapun besaran dana yang diperoleh yaitu Rp 1.850.000 per tahun. Dana sebesar itu dapat diterima setiap tiga bulan di Bank Mandiri.

“Jadi triwulan pertama sampe ketiga itu diterima Rp 500 ribu dan triwulan ke empat itu Rp 350 ribu. Kalau dulu diterima di Kantor Pos, kalau sekarang di Bank Mandiri. Jadi penerima bantuan tersebut boleh memilih, mau mengambil atau menabungnya. Tergantung kebutuhannya,” jelasnya.

Lanjut Andi Malombasi, dengan bertambahnya jumlah penerima PKH tahun ini, maka jumlah penerima bantuan tersebut di Bumi Mekongga sejak tahun 2015 hingga saat ini menjadi 10.525 KK. “Bantuan ini diperoleh juga tidak lepas dari peran pemerintah daerah dan arahan dari H. Ahmad Safei dan H. Muh. Jayadin . Untuk itu, kami berharap memanfaatkan para penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukannya. Kami juga akan melakukan evaluasi terhadap penerima,” tutupnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top