BERITA UTAMA

Sudah 32 Penderita HIV-AIDS di Muna Meninggal

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Muna, Ansar

KOLAKAPOS, Raha–Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna mencatat sepanjang tahun 2013 hingga 2017, penderita Human Immunodeficiency Virus-Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV-AIDS) di Muna sudah mencapai 74 orang. 42 orang diantaranya harus melakukan ARV, yakni meminum obat untuk menekan virus HIV, sedang 32 orang lainnya sudah meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muna Laode Rimba Sua melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Ansar mengatakan, 40 persen penderita HIV-AIDS berada dalam wilayah kota Raha tepatnya di kecamatan Katobu. Kendati demikian, prevalensi penderita HIV-AIDS dari jumlah penduduk kabupaten Muna masih dibawah terget dari jumlah kasus yakni 0,05 persen. “Berdasarkan laporan Puskesmas, tahun ini memang ada indikasi gejala yakni ada empat orang. Tapi kita belum bisa katakan itu positif sebagai pasien HIV-AIDS,” ungkapnya pada Kolaka Pos saat ditemui di ruang kerjanya Selasa, (20/3).

Menurutnya, pada umumnya penderita penyakit HIV-AIDS merupakan virus yang didatangkan oleh masyarakat yang melakukan perantauan ke luar Sultra. Selanjutnya, virus tersebut mewabah di kabupaten Muna. “Virus-virus HIV AIDS masih banyak di masyarakat karena kita pintu masuknya itu melalui tenaga kerja. Dimana angka tenaga kerja kita cukup banyak yang mencari atau migrasi ke luar daerah. Jadi, tidak bisa dipungkiri virusnya masuk disana kemudian sakitnya ke sini (Muna, red),” ujarnya.

Ansar juga mengatakan, gejala awal HIV AIDS pertama penurunan berat badan yang drastis, kedua suhu badan meningkat atau demam. Selanjutnya seperti ada jamur pada mulut, pada kulit seperti diserang penyakit gatal-gatal, keseringan buag air yang tak kunjung sembuh hingga terkena penyakit mirip cacar air atau Herpes zoster. “Proses masuknya AIDS ada tiga yakni melalui cairan tubuh atau darah. Kedua cairan kelamin (Sperma) yang ketiga ASI,” tandasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top