KOLAKA UTARA

APBD Kolut Tahun ini Diprioritaskan Untuk Pertanian

KOLAKAPOS, Lasusua–Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Kolaka Utara (Kolut) tahun 2018 memprioritaskan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) Kolaka Utara tahun ini diprioritaskan untuk Pertanian.

Sperti yang diterangkan Kepala Bidang Analisi Data, Pembangunan,Perencanaan program, Evaluasi Dan Pelaporan Bappeda Kolaka Utara Muhlis Bahtiar bahwa di Sektor Pertanian Pemda Kolaka Utara mengalokasin anggaran sebesar Rp57 Milyar.

“ Untuk pertanian termasuk Dinas Pertanian,Ketahanan Pangan Pemda mengalokasikan anggaran Rp56,7 Milyar untuk dinas Pertanaian Rp 51 Milyar untuk program revitalisasi Kakao 3200 hektar”ujarnya.

Diapun menambahkan bahwa masyarakat Kolaka Utara 80% adalah petani yang menggantungkan hidupnya pada Kakao dan berdasarkan data Kementerian Sosial jumlah warga Miskin Kolaka Utara 17,11 Persen sehingga dengan program revitalisasi kakao itu sekita 70 persen masyarakat miskin mendapatkan program revitalisasi.

“Kurang lebih 22.000 KK Kolaka Utara termasuk warga miskin berdasrkan data Kemensos sehingga dengan program revitalisasi ini pada tahun 2022 persentase warga miskin bisa menurung hingga 10,25 persen,” harapnya.

Lebih lanjut diapun menuturkan bahwa dana APBD Kolaka Utara tahun 2018 ini berkisar Rp879 Milyar yang dialokasikan untuk Kesehatan 10 persen, Pendidikan 20 persen. “Untuk urusan Kesehatan pemda Kolaka Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 64,5 milyar dan urusan pendidikan Rp175 Miliar,” katanya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top