BERITA UTAMA

Desa Inotu Mewao Beli 20 Ekor Bibit Sapi

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Melalui Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2017, desa Inotu Mewao Kecamatan Poli-Polia Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), melakukan pembelian bibit sapi sebanyak 20 ekor senilai Rp 130 juta.
Kepala Desa Inotu Mewao Nursamsi saat ditemui beberapa hari lalu menyampaikan, program pembelian bibit sapi yang akan diperuntukan kepada masyarakat sempat menjadi polemik. Namun masalah itu dapat diselesaikan di tingkat desa berkat keterbukaan dan keikutsertaan masyarakat untuk melaksanakan program positif ini. “Kritikan masyarakat itu hal yang wajar dan ini saya anggap kritikan untuk membangun,” jelasnya.
Ditanya, kepada siapa saja ke 30 bibit sapi itu akan dibagikan, menurut Kades, ke 20 bibit sapi itu sudah dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Dan ini sesuai RAPBDES desa yang sudah disepakati bersama.
Menyinggung dana desa tahun Anggaran 2018, Nursamsi mengatakan, dana desa tahun 2018 untuk sementara kita alihkan ke pembangunan imprasruktural seperti pengerasan jalan dan drainase.

Sementara itu, Bendahara desa Inotu Mewao Suprianto menjelaskan, keterlambatan datangnya bibit sapi ini, bukan karena uang yang tidak ada tetapi sapi yang dipesan terlebih dahulu dilakukan kelayakan kesehatannya. Jadi bukan seperti apa yang diisukan masyarakat. Menyinggung, harga bibit sapi perekornya, dia jelaskan, harga bibit sapi perekor rata rata 6 juta, dan ini sesuai kondisi dana. (m2/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top