BERITA UTAMA

Pelaku Wisata Empat Kabupaten di Bekali Ilmu Wisata di Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah tidak henti-hentinya memikirkan cara peningkatan wisatawan yang ada di setiap daerah. Buktinya, Jumat (23/3) kemarin, bertempat di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Kolaka, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara telah mengumpulkan ratusan masyarakat dan pelaku wisata yang dianggap mengetahui secara persis kondisi wisata yang ada pada wilayahnya masing-masing.

Pelaku wisata itu, berasal dari empat Kabupaten, Yakni Kabupaten Kolaka Utara, Bombana, Kolaka Timur dan Kabupaten Kolaka sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan dan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai lining sektor dengan mengusung tema, sosialisasi pembudayaan kepariwisataan bagi pelaku wisata daerah di Sultra.

Ketua Panitia Feri, A mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutinitas tahunan dengan tujuan pemberian pemahaman kepada masyarakat setempat.

” Ini merupakan bagian dari pembudayaan wisata kepada masyarakat. Lalu dibekali dengan pelayanan prima, sehingga saat wisatawan datang, para pelaku wisata ini bisa melayaninya dengan baik,” ungkapnya.

Ada beberapa yang menjadi sasaran edukasi wisatawan kali ini katanya, diantaranya wisata kuliner, pantai, religi serta penginapan atau perhotelan dan bentuk potensi wisata lainnya yang ada pada wilayahnya masing. Begitu juga kenyamanan para wisata tetap menjadi tujuan utama. Sementara untuk pemateri lanjut Kepala seksi pengembamgan destinasi wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sultra ini, ada yang lokal dan ada pula dari provinsi hingga nasional.

“Untuk pemateri lokal, sudah memiliki sertifikat TOT, sehingga kemampuanya tidak perlu diragukan lagi,” tuturnya.

Pelaksanaan sosialisasi kali ini berlangsung selama satu hari. Acara tersebut, dibuka langsung oleh Pjs Bupati Kolaka Masmuddin dan didampingi Sekda Kolaka Poitu Murtopo dan beberapa kepala dinas pariwisata di empat kabupaten ini. Peserta setiap kabupaten, mencapai 30 orang bahkan ada yang lebih. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top