BERITA UTAMA

Tiga Calon Rektor USN Bertarung

Empat bakal calon USN memperlihatkan nomor urut saat penentuan urutan pemaparan visi-misi, sebelum dilakukan penjaringan dalam rapat senat tertutup mendapatkan dua suara, yang menyebabkan balon rektor asal UNM itu gugur.

KOLAKAPOS, Kolaka–Satu dari Empat bakal calon Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka gagal maju menjadi calon rektor untuk pemilihan rektor di Universitas yang baru menjadi tiga tahun menjadi negeri tersebut. Bakal calon yang gugur tersebut adalah Dr Darlan Siddik yang berasal dari Universitas Negeri Makassar (UNM) yang hanya hanya dua suara. Sedangkan tiga nama yang lolos menjadi calon tersebut masing-masing, calon rektor petahana Dr Azhari peraup suara tertinggi dengan 10 suara dari total 20 suara senat. Prof Dr Ruslin Hadanu yang merupakan wakil Rektor I USN Kolaka meraih 5 suara. Selanjutnya, calon asal Universitas Halu Oleo, Dr Muhammad Satria juga berhasil lolos ke tahap selanjutnya setekah memperoleh 3 suara senat.
Penetapan calon tersebut berlangsung dalam tahapan penjaringan yang dilkakukan oleh senat USN secara terttutup yang berlangsung pada Jumat (23/3), dan ketiga calon yang lolos tersebut nantinya akan diajukan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti).
“Tiga nama Calon Rektor USN itu selanjutnya akan diserahkan kepada kementerian untuk selanjutnya dilakukan pemilihan menjadi satu calon rektor,” jelas sekretaris senat USN Kolaka, Syamsul Rizal usai rapat senat tertutup.
Lanjut Rizal, setelah ketiga nama calon rektor itu diterima kementarian, pihaknya akan menunggu konfirmasi jadwal untuk diadakan Pilrek penentuan rektor USN Kolaka periode 2018-2022. Kemenristek sendiri memiliki hak suara 35 persen.
“Jadi setelah diantar ke kementerian, kami menunggu lagi jadwal selanjutkan untuk dilakukan pemilihan final. Anggota senat kembali memilih ketiga calon itu hingga menjadi satu” ujarnya.
Sekedar diketahui, sebelum diadakan pemilihan calon rektor dalam rapat senat terbuka, keempat bakal calon beradu visi misi di rapat senat terbuka. Di rapat terbuka itu, beberapa anggota senat diberi kesempatan mengajukan pertanyaan kepada keempat bakal calon tersebut. (cr4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top