BERITA UTAMA

Tony Herbiansyah : Pj Kades Harus Berkerja Baik

Bupati Koltim Saat Melantik Empat Pejabat Kades di Aula Kantor Desa Gunung Jaya kecamatan Dangia

KOLAKAPOS, Tirawuta–Bupati Kolaka Timur (Koltim) H Tony Herbiansyah, meminta dengan tegas kepada seluruh Pj kepala desa (kades) untuk bekerja dengan baik sama seperti kades definitiv.

Hal ini, disampaikan bupati saat melantik empat Pj kades se-Koltim di Aula Desa Gunung Jaya Kecamatan Dangia, Jumat (23/3). Untuk itu, ia berharap antara pj dan kades lama tetap berkomunikasi dengan baik utamanya pengelolaan keuangan.

“ Tidak boleh berhenti dan putus, harus tetap berkesinambungan antara yang lama dan baru, utamnaya menyangkut SPJ. Sampai hari ini tanggung jawab masih di pejabat lama, nanti hari ini sampai delapan bulan berikutnya saat lahir kades definitiv sudah menjadi tanggungjawab pj baru. Saya mohon yang lama dan baru untuk mengkoordinasikan, bukan lepas jabatan lalu lepas tanggungjawab ” pintanya.

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, pada pasal 46 ayat 1 disebutkan dalam hal sisa masa jabatan kepala desa yang diberhentikan tidak lebih dari satu tahun, bupati atau walikota mengangkat PNS dari pemerintahan daerah kabupaten atau kota sebagai Pj kades sampai dengan terpilihnya kepala desa. Lalu, pada Pasal 6 ayat 1 kades bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“ Pj kepala desa, harus menjaga harmonisasi utamanya lembaga-lembaga yang ada di desa seperti BPD. Termasuk denagn masyarakat dan menjaga kemanaman dan ketentraman, makanya kepala desa beda-beda tipis dengan camat, sehingga lambangnya garuda ” sebut kosong satu Koltim ini.

Sebagai kades lanjut bupati, adalah tugas negara. Sehingga ketika ada kendala harus dikoordinasikan kepada atasan dalam hal ini camat.

“ Soal anggaran, kita tidaka akan mencairkan uangnya kalau kordinasinya tidak baik. Anggaran besar resikonya besar makanya harus dikelola dengan baik, sekarang dengan sms saja sudah bisa masuk ke KPK dan BPK. Kita bekerja baik saja masih dicarikan celah apalagi kalau tidak baik, makanya harus bekerja dengan baik. Pekerjaan harus selesai dan tepat sasaran , berapa kita keluarkan, apa hasilnya dan apa dampaknya, itu yang harus dilihat ” tutupnya.

Untuk diketahui empat desa yang mendapat Pj Kades tersebut yakni, Desa Dangia dan Gunung Jaya Kecamatan Dangia, Desa Wia-Wia Kecamatan Poli-Polia dan Desa Putemata Kecamatan Ladongi. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top