KONAWE SELATAN

Pemkab Konsel Pelopori Aplikasi SIMRAL di Sultra

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga (kanan) saat menandatangani MoU bersama Kepala BPPT Pusat. FOTO : Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo —Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga, didampingi Wakil Bupati Dr. H. Arsalim Arifin, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Pusat, Dr. Ir. Unggul Priyanto.
Tujuannya, untuk penggunaan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Penganggaran dan Pengelolaan Keuangan Daerah (SIMRAL), dalam rangka mendukung Pembangunan di Daerah, bertempat di Ruang Rapat Kepala BPPT Jakarta, Senin (26/3).
Dalam kesempatan tersebut, Surunuddin menyampaikan bahwa melalui kesepakatan bersama ini, pihaknya yakin akan dapat dirumuskan program dan kegiatan yang efektif dalam hal pengkajian, penerapan dan pemasyarakatkan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah dan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Konsel.
“MoU ini sangat penting, karena saat ini Konsel sedang giat-giatnya melakukan pembangunan di segala bidang seperti di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, pertambangan dan terutama di bidang peningkatan akuntabilitas kinerja Pemda,” jelasnya.
Lanjutnya, dengan mengembangkan aplikasi berbasis aplikasi website, selain MoU bersama BPPT yang bertujuan untuk melaksanakan percepatan pembangunan pedesaan di Konsel, juga telah melaksanakan MoU dengan pihak-pihak lain diantaranya pihak perbankan baik Bank lokal maupun nasional, Perindo, Bulog, BPJS, dan BKSDA, serta menjalin kemitraan dengan Kementerian dan Universitas serta Lembaga Donor diantaranya AGFOR, USAID-APIK, CIDA-NSLIC, MCAI-KALLA dan SWISS CONTACT.
“Dengan demikian, dari beberapa kegiatan Pemkab Konsel, seperti Lokasi Pengembangan Sapi Bali, Pusat Budi Daya Perikanan Terpadu (Air Laut) dan Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, ini sangat memerlukan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PPT) yang baik dan tepat guna agar lebih memaksimalkan prestasi yang telah di capai. Dan yang akan kami segera realisasikan adalah MoU, yang kita teken sekarang yakni pembuatan Aplikasi Simral selanjutnya bidang-bidang lainnya yang juga diperlukan PPT dari BPPT Pusat dan ini merupakan langkah tepat dan sangat mulia, dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga daerah melalui PPT dan memasyarakatkan teknologi untuk mendukung dan keberlangsungan pembangunan daerah Konsel,” pungkas Surunuddin.
Ditambahkan Surunuddin, dalam MoU tersebut pihaknya lengkap bersama seluruh jajaran OPD dan Para Kepala Bagian Lingkup Pemda Konsel, tujuannya sebagai bukti keseriusan Pemda untuk melakukan kerjasama dengan pihak BPPT Pusat.
Sementara itu, Kepala BPPT Pusat Unggul Priyanto, menyampaikan bahwa BPPT telah melakukan MoU terkait program aplikasi SIMRAL kepada 20 Kabupaten/Kota, termasuk Konsel dan yang pertama untuk Provinsi Sultra, selain itu juga BPPT melakukan kerjasama pengembangan teknologi di bidang Pertanian dan Peternakan serta bidang lainnya termasuk penelitian dan pengembangan olahan sagu yang banyak terdapat di Konsel yang cocok dikonsumsi untuk mencegah diabetes.
“Pada intinya banyak yang bisa kita kerjakan, dan kami siap melalukan kerjasama untuk penelitian dan pengembangan teknologi dengan Pemda Konsel, dalam bidang tersebut selain aplikasi SIMRAL, apalagi Konsel memiliki banyak potensi sesuai yang dipaparkan Bupati Konsel,” jelasnya.
Selain itu, hal ini juga sejalan dengan program BPPT yang sedang mengembangkan pakan sapi, bibit jagung dan bibit ikan kerapu. Pihaknya anjurkan Pemda untuk menggandeng pihak Universitas yang ada di daerah dan akan dilatih sesuai jurusan penelitian, sehingga mereka bisa terlatih dan ketika ada masalah tidak perlu ke kantor pusat lagi.
“Kami harapkan kedepan kerjasama ini bisa bermanfaat dan segera ditindaklanjuti, pada level jajaran OPD lingkup Pemkab Konsel dengan bagian Kominfo di daerah dan pihak terkait, agar dapat terealisasi dengan baik dan lebih cepat,” tuturnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top