METRO KOLAKA

Safei dan Jayadin Ziarahi Makam Raja Sangia Nibandera

KOLAKAPOS, Kolaka — Calon Bupati nomor urut 1, H. Ahmad Safei bersama Wakilnya H. Muh. Jayadin memanfaatkan kunjungannya kecamatan Wundulako dengan berziarah ke makam raja Sangia Nibandera .

H. Ahmad Safei, mengatakan masyarakat Kolala harus pandai bersukur karena hingga saat ini masih memiliki makam dan mengatahui leluhur. Ucapan puji syukur harus selalu di panjatkan kehadirat allah. Kebersamaan masyarakat lokal Kolaka dengan pendatang hingga saat ini dan seterusnya akan rukun. Jangan kerena perhelatan politik satu sama lain saling menjelkan dan menfitnah.

“Membangun suatu peradaban itu dibutuhkan kebersamaan, tidak bisa kita pungkiri bahwa tempat ini (makamnraja Sangia Nibandera) adalah dimana leluhur kita disemayamkan untuk itu kita harus tetap menjaga kesakralaran tempat ini, dan menjaga hingga anak cucu kita nanti,” kata Safei.

Lanjut ia megatakan tempat ini adalah warisan leluhur untuk generasi muda Kolaka. Untuk itu masyarakat harus tetap memelihara budaya karena ini merupakan pamor bagi masyarakat mekongga dan merupakan lambang pemersatu masyarakat Kolaka .

“Kami datang kesini tidak lain hanya untuk melaksanakan ziarah dan memberikan penghormatan kepada leluhur kita ( Raja Sangia Nibandera) . Siapa lagi yang akan membesarkan, dan menghormati budaya adat istiadat dan leluhur kita kalau bukan kita sendiri masyarakat mekongga dan umumnya masyaakat Kolaka,” tambahnya.

Semantara itu calon wakil bupati Muh. Jayadin, mengatakan kewajiban sebagai generasi penerus adalah tetap menjaga budaya dan adat istiadat leluhur. Masyarakat lokal kolaka juga menyadari jika di Kolaka ini banyak macam suku. Dengan keberadaan suku lain dikolaka kiranya bisa menjadikan energi baru dalam membangun bumi Mekongga.

“Mari kita sama sama bersatu membangun bumi mekongga yang kita cintai ini. Satukan presepsi untuk menuju Kolaka yang lebih makmur dan sejahtera,” ujar Jayadin.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top