METRO KOLAKA

Bansos Rastra di Salurkan Setiap Awal Bulan

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Skema pembagian beras bantuan sosial (Bansos) Masyarakat Pra Sejahtera (Rastra) berbeda saat beras tersebut di bayar oleh masyarakat. Saat ini beras gratis tersebut di distribusikan setiap bulan kepada masyarakat Kabupaten Kolaka, Kolaka Tumur dan Kolaka Utara. Sebelum beras tersebut gratis pembagian beras dilakukan per tiga bulan namun saat ini beras rutin distribusi setiap tanggal 5 hingga 15 setiap bulanya.

Pimpinan Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Kolaka Ardiansyah kepada kolaka pos mengatakan beras Bansos Rastra saat ini di bagikan setiap bulan. Berbeda saat beras tersebut berbayar saat itu kantor Bulog menyalurkan sesuai desa yang dinilai lunas dalam pembayaran, jadi biasa ada yang per tiga bulan.

“Kalau sekarang beras di bagi setiap awal bulan mulai dari 5 hingga 15 awal bulan. Dan jumlahnya juga berbeda dari 15 kilogram per kepala keluarga saat ini hanya 10 kilogram saja,” katanya.

Untuk penyaluran dikabupaten Kolaka Januari hingga Maret telah rampung di salurkan dengan jumlah 134.510 ton per bulan. Mengenai data pemerima itu bukan wewenang kantor Bulog Kolaka karena mengenai jumlah penerima dari Dinas Sosial Kolaka.

“Untuk pengasawan Bulog Kolaka telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dengan memanfaatkan Tenaga Kesekahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Dengan di awasi oleh TKSK insyaallah tidak akan ada kesalahan dalam penyaluran,” katanya.

Lanjut Ardiansyah untuk jatah Rastra kabupaten Kolaka setiap bulanya Bolog mendiatribusikan 134.510 ton, Kemudian Kolaka Utara 109.760 ton perbulan dan Kolaka Timur 107.730 ton perbulan. Bulog Kolaka juga menjamin kelayakan beras Rastra yang didistribusikan ke masyarakat Kolaka,Kolaka Utara dan Kolaka Timur adalah layak konsumsi.

“Jika ada beras kami yang tidak layak konsumsi beredar di masyarakat, maka Bulog Kolaka akan menggantinya. Hingga saat ini belum ada keluhan mengenai kwalitas beras Bulog yang ada di masyarakat,” tuturnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top