KONAWE

Cegah Kriminalitas, Sat Shabara Polres Konawe Gencar Patroli

Alboin Lubis, Kasat Shabara Polres Konawe (kiri) .FOTO:Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha–Unit Satuan Shabara Polres Konawe semakin gencar melakukan patroli di wilayah kota Unaaha. Hal ini untuk menjaga wilayah kamtibmas tetap kondusif di masa pemilihan kepala daerah (pilkada)  Konawe. Patroli rutin yang dimulai pada pukul 21:00 Wita hingga 02:00 dini hari ini, menyasar tempat-tempat yang diduga marak menimbulkan tindak pidana.

Hat tersebut di ungkapkan, Kasat Shabara polres Konawe, Iptu Alboin Lubis. Ia mengatakan, kerawanan akan meningkat di wilayah konawe khusunya kota Unaaha karena saat ini dalam masa pilkada. Agar hal tersebut tidak terjadi maka personil shabara rutin lakukan patroli malam di beberapa wilayah.

” Pada dasarnya patroli ini untuk pencegahan tindak pidana kejahatan, apa lagi saat ini konawe dalam masa pilkada, yang mungkin saja tindak pidana terjadi, untuk itu patroli kita tingkatkan pelaksanaanya, ” kata Alboin, Selasa (27/3) kemarin.

Lanjut Alboin, wilayah patroli yang sering di lintasi dan di waspadai personil antaranya, wilayah Wawotobi, Anggaberi dan Unaaha, untuk tindak kejahatan yang paling di waspadai antaranya perkelahian dan pencurian, selain itu personil juga lakukan pengeledaan terhadap barang bawaan warga sipil yang di jumpai saat ningkrong di jalanan.

” Titik operasi patroli di Posko Tim Pemenang pasangan calon, jalan 40 Kecamatan Wawotobi, taman permata bendung ameroro dan jalur dua yang sering di gunakan balapan liar, jika jam sudah masuk pukul 24:00 Wita personil akan lakukan pemeriksaan barang bawaan warga,” terangnya.

Tambah mantan kapolsek Tongauna, adapun petugas menemukan warga yang sedang melakukan minum-minum keras di pinghil jalan, pihaknya lantas tidak menahan orangbtersebut hanya akan di berikan teguran dan diperintahkan bubar, hal ini di lakukan untuk mencegah terjadinya tawuran antar warga. ” Kalau ada temuan saat patroli, petugas kita hanya berikan edukasi dan membubarkan kegiatan, selain itu pemeriksaan kendaraan juga kita lakukan untuk mestikan kendaraan bukanlah kendaraan curian, ” tuturnya.

Terakhir, kata Alboin Lubis, partoli rutin ini juga dilakukan sampai di batas kabupaten Konawe, ” Koordinasi dengan polsek jajaran terus di lakukan, biasanya kalau ada giat masyarakat personil patroli shabara merapat bahkan sampai di Kecamatan Onembute, “tutunya. (m4/b)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top