BERITA UTAMA

Masmuddin Cuek Dituding Miring

Tegaskan Tidak Intervensi Proyek di Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Dituding “bermain” proyek oleh anggota DPRD, Pjs.Bupati Kolaka, Masmuddin cuek bebek. Menurutnya, 30 tahun pengalamannya dibidang birokrasi tidak setara jika harus ditukar dengan “jatah” proyek.

Melaui sambungan telepon, Masmuddin mengatakan selaku Pejabat Sementara Bupati Kolaka, ia paham akan fungsinya. Ia juga sadar ada empat tugas pokok yang diberikan negara kepada Pjs, yakni menyelenggarakan tugas pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, kemudian memfasilitasi penyelenggaran pilkada, menjaga netralitas ASN, serta yang paling penting adalah menjaga ketertiban masyarakat. “Saya selaku Pjs.bupati Kolaka berharap penyelenggaraan kegiatan pembangunan yang telah ditetapkan dalam peraturan daerah kabupaten Kolaka, dalam Tahun 2018 harus berjalan sesuai dengan rencana waktu yang ditetapkan,” katanya.

Sebagai Pjs bupati, ia juga dibebankan tanggungjawab untuk mensukseskan pembangunan di Kolaka. Karenanya, ketika melihat serapan anggaran proyek tahun 2018 yang telah memasuki akhir Triwulan pertama sangat minim, ia turut prihatin. Setelah dicermatinya, penyebab minimnya penyerapan anggaran karena keterlambatan proses pelelangan barang dan jasa. “Ini akan mengancam serapan realisasi anggaran pembangunan atas proyek yang telah direncanakan dalam tahun anggaran 2018,” kata Masmuddin.

Nah, untuk menjalankan fungsinya, selaku pejabat bupati, ia melakukan evalusi sekaligus membina aparatur yang bertanggung jawab atas kegiatan proyek dimaksud. karenanya, ia mengaku pernah memanggil beberapa kepala dinas untuk menanyakan sudah sejauh mana proses kegiatannya berjalan. “Apakah ini naif kalau saya mengerjakan hal seperti ini?,” ketusnya.

Terkait tudingan mengintervensi pelaksanaan proyek, ia mengatakan dengan tegas tidak pernah melakukan hal tersebut. “Saya persilakan panitia bekerja secara profesional, bekerja sesuai peraturan perundang- undangan yang berlaku. Terkait dengan adanya pihak yang bawa nama saya, utamanya para kontraktor yang mau bersaing dalam proses pelelangan barang dan jasa, saya tegaskan tidak ada satupun yang saya arahkan,” tambahnya.

Masmuddin juga tidak memungkiri, banyak masukan serta usulan dari pihak luar terkait penyelenggaraan proyek di Kolaka. Menurutnya, tidak ada salahnya mendegar aspirasi, sekaligus menelaahnya. Namun, tidak serta merta semua harus diikuti. “Kemungkinan besar itulah informasi yang berkembang diluar, kabarnya saya akan atur. Yah sebagai dewan (anggota DPRD, red), tugasnya adalah cek and balance, maka wajarlah. Akan tetapi saya juga paham akan batas kewenangan saya. Saya tidak akan mengorbankan karir saya yang sudah mengabdi lebih dari 30 tahun di Birokrasi. Kalau saya biarkan (serapan anggaran rendah, red) kemudian pembangunan terhambat akhirnya masyarakat yang jadi korban. Saya tidak punya kepentingan politik di Kolaka, saya hanya mau membagi pengalaman pemerintahan bagi teman birokrat. Kalau mau ikut silahkan, tidak mau ikut silakan. Toh juga, tanggal 23 Juni 2018 saya letakkan jabatan,” ujarnya.

Masih melalui sambungan telepon, mantan wakil bupati Konawe ini menampik pernah berkampanye atau mengkamapnyekan salah satu calon Kada Kolaka. “Kalau ada pihak tertentu yang menghubung dengan kekerabatan keluarga itu mungkin bisa saja. itu haknya mereka tapi itu saya tidak tahu dan saya tidak pernah, karena memang saya banyak keluarga di Kolaka. Sekali lagi saya tidak pernah menekan mereka untuk mendukung salah satu pasangan calon, catat ini. Makanya kalau ada yang mau datang di Rujab Bupati untuk berkoordinasi, hanya masalah penyelenggaran Pemerintahan saja. Jika berkenaan dengan dukung mendukung pasangan calon, siapapun, saya tidak akan terima,” tegasnya.

Komitmen tersebut juga ia harap dapat dipegang para aparatur sipil di Kolaka. Karenanya, ia mengingatkan ASN se Kolaka untuk tetap netral dalam Pilkada. “Saya sampaikan kalau ada Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara, saya akan segera tindak lanjuti. Jadi intinya, jaga diri,” himbaunya. (hud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top