METRO KOLAKA

Hari Ke Empat, Korban Longsor Kolut Belum Ditemukan

Kordinator Pos SAR Kolaka, M. Akbar

KOLAKAPOS, Kolaka–Tampaknya Tim Basarnas Kolaka harus bekerja ekstra untuk melakukan pencarian korban longsor di Kolaka Utara. Pasalnya, hingga hari ke empat, salah satu korban longsor di Desa Batu Ganda Permai kecamatan Kecamatan Lasususa Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) itu belum ditemukan.

Korban yang dindentifikasi bernama Asdar (30) diduga hilang terbawa arus sungai yang tak jauh dari lokasi longsor.

Kordinator Pos Sar Kolaka, M Akbar mengatakan, hingga kemarin (3/4) tim Basarnas melakukan pencarian korban dengan menyisir hilir sungai Batu Ganda. Tim itu tidak bekerja sendirian, tetapi mereka diback up dengan aparat TNI/POLRI dan sejumlah personil Badan Penggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kolut.

“Pencarian hari ini difokuskan di sungai Batu Ganda. Satu unit perahu diturunkan beserta personel untuk menyisir sungai Batu Ganda jangan sampai korban terseret sampai ke muara dan keluar ke laut,” ungkap Akbar, Selasa (3/4).

Selain itu, lanjut Akbar, sebagian personel yang tergabung dalam tim TNI/POLRI dan intansi terkait tengah melakukan strelisasi di lokasi terjadinya longsor. “Tim gabungan SAR saat ini sedang melakukan pembersihan sisa-sisa longsoran karena kemungkinan juga korban tertimbun disitu,” ujarnya menambahkan.

Dikatakannya, untuk radius pencarian korban, Tim SAR melakukan pencarian hingga jarak 5 kilometer dari lokasi longsor. “Jika belum ditemukan, sesuai aturan kami akan melakukan pencarian hingga tujuh hari pasca kejadian. Selanjutnya, kami menunggu instruksi pimpinan dari pusat apakah akan tetap dilakukan pencarian atau dihentikan,” jelasnya.

Untuk diketahui, peristiwa bencana longsor di Desa Batu Ganda Permai, Kolut terjadi pada Jumat malam sekira pukul 22.00 WITA. Longsor terjadi pasca hujan lebat melanda daerah pimpinan bupati Nur Rahman itu. (kal/hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top