MUNA

Minim Prestasi, Pemda Muna Beri Reward Kafilah MTQ

Bupati Muna, LM Rusman Emba gelar foto bersama dengan seluruh kafila MTQ yang telah berlaga di kabupaten Butur.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Meski prestasi kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Muna saat mengikuti event di kabupaten Buton Utara (Butur) menurun, namun Pemerintah daerah (Pemda) Muna tetap memberikan reward. Bonus berupa uang tunai diberikan langsung oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba kepada seluruh peserta qori, qoriah, hafiz, cerdas cermat, kasidah, kaligrafi, hipzil serta para pembinanya di aula Galampa Kantolalo jalan bypas kota Raha, Selasa (10/4).

Dalam penyerahan hadiah tersebut, Bupati Muna LM Rusman Emba memberikan motivasi terhadap para kafila dan para pembina kafila MTQ. Ia mengungkapkan, perestasi yang diraih pada MTQ tingkat Provinsi Sultra yang digelar di Butur tidaklah mengecewakan, karena seluruh kafilah yang diturunkan sudah bekerja dan berupaya keras untuk menunjukan kebolehan mereka masing-masing dalam ajang tersebut.

Olehnya itu, apapun yang telah diraih harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. “Mental kita harus diperbaiki. Jangan lagi terpengaruh iming-iming bonus dari daerah lain, lantas kita hijrah ke daerah lain. Sekarang kita sudah bentuk Kampung Al Quran di Desa Mantobua dan di desa desa lainnya. Tujuannya untuk menggiatkan siar Islam dengan membaca Al Quran,” katanya.

Tidak hanya itu, terkait kaderisasi dan pembinaan kafilah MTQ, orang nomor satu dibumi Sowite ini mengintruksikan kepada Kabag Kesra dan seluruh stakeholder yang berkompoten untuk membuat program supaya prestasi kabupaten Muna dalam event MTQ selanjutnya dapat kembali berjaya. “Kedepan kita akan buatkan program pembinaan baca tulis Al Quran agar kita kembali meraih prestasi. Khusus kepada para peserta MTQ, kami telah siapkan bonus walaupun tidak seberapa, namun diharapkan ini dapat menjadi pemacu semangat untuk lebih giat lagi berlatih,” pintahnya.

Ditempat yang sama, Kabag Kesra Pemkab Muna Azis Teo mengatakan belum maksimalnya prestasi kabupaten Muna dalam MTQ tesebut lantaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni faktor internal seperti kurangnya membaca Al Quran. Olehnya itu, pada saat MTQ di Butur kafila yang diturunkan hanya mampu meraih medali perak dan perunggu. Untuk piala ada 14 dari berbagai katagori. Sementara Kasidah menyumbang 15 piala. “Turunnya prestasi kita ini karena faktor kurangnya membaca Al Quran, kurang banyak menghafal, kurang latihan, kurang menulis dan pembinaan yang kurang. Ini semua harus kita evaluasi kembali. Kami mohon Pak Bupati Muna dapat memberikan kebijakan agar kaderisasi dan pembinaan bagi para qori – qoriah, hipzil, fahmil, tilawah, cerdas cermat, kasidah, dapat berjalan maksimal nantinya,” pintahnya.

Pantauan Kolaka Pos siang itu, penyerahan reward kepada para kafila MTQ di aula Galampa Kantolalo dihadiri Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu, Sekda Muna Nurdin Pamone, masyarakat, peserta MTQ dan para pembina. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top