MUNA

Bupati ingin Muna Bebas Dari Peredaran Narkotika

Bupati Muna Rusman dihadapan ratusan masyarakat kota Raha saat melakukan kampanye akbar anti narkoba disertai jalan sehat di SOR La Ode Pandu.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Penyalagunaan narkotika di kabupaten Muna kian meningkat. Berdasarkan data 2017 Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Muna terdapat 87 orang telah direhabilitasi. Sementara berdasarkan data Polres Muna, sejak Januari hingga Maret tahun ini sudah sembilan kasus narkoba dan 10 tersangka yang berhasil terungkap. Tentunya persoalan tersebut menjadi keprihatikan Bupati Muna LM Rusman Emba.

Tidak ingin generasi Muna hancur oleh obat haram tersebut, Ia berharap kepada pihak kepolisian dan BNN agar dapat menetralisir peredaran narkoba di Muna. Sebab, persoalan serta dampak yang timbul akibat menyalahgunakan obat haram tersebut yakni terjadi perubahan sosial dan ekonomi terhadap penggunanya.

“Mereka itu biasanya punya kelompok sendiri. Pecandu narkoba, mereka menyekatka diri dari masyarakat. Hal ini sangat berbahaya. Terlebih lagi dari dampak ekonomi tentu berpengaruh negatif. Ekonomi tergerus hingga hidup terluntang-lantung,” ujar Rusman dihadapan ratusan masyarakat kota Raha saat melakukan kampanye akbar anti narkoba disertai jalan sehat di SOR La Ode Pandu.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Sowite Wuna Barakati ini, narkotika juga berdampak pada ketahanan, kemanan masyarakat.

“Hampir semua pemakai-pemakai narkoba yang ada di Muna itu pemicu segala persoalan. Hal ini harus kita cegah bersama. Tingkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Hindari pergaulan yang tidak sehat apalagi konsumsi miras. Mari kita lakukan budaya hidup sehat, jauhi yang namanya narkoba,” pintahnya.

Pantauan Kolaka Pos pagi itu, Kegiatan ini dihadiri Kapolres Muna AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, Sekda Muna Nurdin Pamone, Kepala BNNK Muna La Hasaryi, kepala OPD Muna, serta ratusan masyarakat dari berbagai kalangan. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top