BERITA UTAMA

Melanggar, APK Cagub dan Cabup Diturunkan

KOLAKAPOS, Kolaka–Panitia Pengawas Kolaka menertibkan beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) yang dianggap melanggar. Tidak hanya menyasar calon bupati Kolaka, Panwas juga menyapu bersih APK Cagub Sultra.

Penertiban yang berlangsung Senin (16/4) di kecamatan Kolaka dan latambaga itu, melibatkan belasan anggota Satpol PP, serta Panwascam Kolaka dan Latambaga. Ketua Panwas Kabupaten Kolaka Juhardin mengatakan, sebelum dilakukan penurunan APK Paslon ini, terlebih dahulu telah dilayangkan surat kepada masing-masing tim sukses dan diberikan waktu selama 24 jam. Meski belum diindahkan, Panwas masih melakukan pendekatan persuasif. “Kedepannya harus proaktif sesuai dengan aturan. Sebab, kelihatannya para tim sukses lepas tangan. Kita sudah ingatkan, ada sanksi pidana yang menanti, jika tidak sesui aturan untuk pemasangan APK,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela penurunan APK.

Ia juga mengatakan, penurunan APK ini untuk yang kedua kalinya dilakukan. Namun pertama kali untuk Panwas. Sebab yang pertama dilakukan oleh KPU beberapa waktu lalu. Selain itu katanya, penurunan APK kali ini dibagi menjadi dua kelompok dan dipusatkan di dalam kota dan kedepannya akan terus berlanjut di beberapa Kecamatan lainnya di Kolaka. “Yang jelas, satu timnya memulai dari Sabilambo dan satunya lagi dari terminal lama Kolaka,” jelasnya.

Selain itu katanya, dari semua APK yang diturunkan, paling dominan yang melanggar adalah APK Cagub dan Cawagub Sultra. Yakni berupa umbul-umbul yang menggunakan media jalan, papan reklame mililik pemerintah maupun tempat strategis lainnya. “Untuk APK Cabup dan Cawabup Kolaka, cenderung sedikit. Lain halnya untuk APK Cagub dan Cawagub lumayan banyak. Itupun keduanya merupakan APK yang lama dan bukan merupakan produk dari KPU dan tidak memenuhi syarat atau melanggar. Makanya, semuanya kami turunkan,” tuturnya.

Terkait APK yang tidak memenuhi syarat katanya, hingga saat ini pihaknya belum menemukannya. Namun pihaknya tetap melakukan pengawasan di semua wilayah yang ada di Kabupaten Kolaka. “Belum ada yang kami temukan. Namun APK yang berasal dari KPU, semua yang dicetak telah sesuai dengan spesifikasi,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Ketertiban Umum Pol PP dan Damkar Kabupaten Kolaka Masrawi menuturkan, penertiban APK kali ini, personil diterjunkan dalma dua kelompok. “Ada 12 orang anggota termasuk saya yang turun. Jumlah kami ini kita bagi dua. Karena penertiban APK hari ini terbagi dua kelompok. Setiap kelompoknya terdapat enam orang,” ungkapnya. (ing/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top