METRO KOLAKA

Anggota Panwascam Dilaporkan ke Panwas Kabupaten

FOTO KETUA PANWAS KABUPATEN KOLAKA, JUHARDIN

KOLAKAPOS, Kolaka–Setelah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kolaka di konfrontir oleh penitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kolaka karena di duga melakukan pelanggaran pemilu. Beberapa waktu lalu Panwas Kabupaten juga menerima laporan dari masyarakat jika ada dugaan Panwas di kecamatan tidak bekerja sesuai dengan prosedur. Bahkan Masyarakat juga melelaporkan petugas Panwas di tiga kecamatan tidak netral.

Ketua Panwas Kolaka Juhardin saat di konfirmasi membenarkan jika ada laporan tim sukses salah satu calon, bahwa ada Ketiga anggota Panwas kecamatan yang di duga tidak netral. Panwas tersebut berada di Kecamatan Kolaka, Latambaga dan Wundulako.

“Tiga kecamatan itu ada laporan diduga tidak netral. Namun setelah kita lakukan investigasi dan pengumpulan bukti, kami tidak temukan ada dugaan pelanggaran tersebut,” katanya.

Pelanggaran anggota panwas yang dilaporkan oleh salah satu tim sukses adalah ketika anggota panwas kecamatan melakukan pengawasan di lapangan tidak menggunakan atribut Panwas. Masalah tersebut sudah di klarifikasi kepada yang terlapor.Dengan laporan tersebut akan menjadi koreksi pada panwas yang ada di Kolaka dengan harapan kejadian tersebut tidak ada lagi.

“Inilah yang dilaporkan. Makanya kedepannya itu sudah tidak boleh lagi terulang. Itu pelanggaran namun itu pelanggaran ringan. Panwas kabupaten juga sudah memberikan teguran kepada anggota panwas yang tidak menggunkan atribut saat bertugas.Karena beresiko dan kesannya hanya mengawasai satu Paslon lain saja,” bebernya.

Juhardinmenambahkan, meski tidak terbukti setelah dilakukan pemanggilan katanya, pihaknya tetap melakukan pembinaan terhadap beberapa Panwas yang telah dilaporkan tersebut. Ia juga mengaku selalu menyampaikan aturan yang harus dilakukan oleh panwas saat di lapangan mengenai netralitas anggota Panwas.

“Setiap orang sah-sah saja untuk memilih, namun dalam melaksanakan pengawasan khususnya Panwas, tidak ada alasan untuk tidak netral,” jelasnya.

Untuk itu Panwas berharap, jika ada masyarakat maupun tim sukses Paslon menemukan anggota Panwas dilapangan di duga terlibat atau tidak netral pada saat Pilkada Kolaka maupun Pilgub Sultra, agar melaporkan kemudian selanjutnya Panwas kabupaten akan memindak lanjuti laporan tersebut.

“Segera laporkan dan lampirkan alat bukti yang jelas. Yah kalau terbukti, tidak ada jalan lain, yakni pemecatan dan itu merupakan harga mati sesuai dengan aturan yang berlaku,” tutupnya. (ing/hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top