BUTON UTARA

Tingkatkan Pelayanan di Wakatobi, Loket IMB Bakal Dibuka

KOLAKAPOS, Wakatobi–Memudahkan masyarakat yang ingin mengurus IMB, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) berencana akan membentuk loket pelayanan di Kaledupa, Tomia, Binongko.

Kepala DPM-PTSP Kabupaten Wakatobi Aliwangi mengatakan, rencana membuka loket pengurusan IMB itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengurus IMB. Sebelum membuka loket pengurusan IMB, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepemilikan Izin mendirikan Bangunan.

“Kami akan lakukan sosialisasi perizinan. Jadi pada saat itu, kami akan menghimbau agar masyarakat mengurus IMB sekaligus kita rangkaikan dengan membuka pengurusan IMB disana (Waktobi II),” tutur Aliwangi.

Ia mengaku selama ini, kendala pengurusan IMB di Wakatobi II yakni adanya rentang kendali masyarakat untuk mengurus di ibu kota, mengingat aksesnya hanya bisa ditempuh lewat jalur laut. Karenanya dibutuhkan peran aktif dinas untuk mendangi masyarakat.

Lebih lanjut kata Aliwangi, fokus sosialisasi nanti tidak hanya pada bangunan baru, tetapi juga pada bangunan lama. Sebab bangunan yang belum memiliki IMB belum diakui keabsahannya oleh pemerintah dan memiliki banyak resiko.

” Bangunan yang tidak memiliki IMB itukan banyak resikonya, misalnya kena pelebaran jalankan secara legalitas pemerintah tidak memiliki dasar untuk mengganti bangunan itu.” tutup Aliwangi. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top