KONAWE SELATAN

Bupati Akan Evaluasi Desa di Konsel

upati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga, akan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan 336 Desa dari 25 Kecamatan yang ada di wilayah itu. Hal itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana desa telah melaksanakan semua program yang ada.

Dikatakannya, masing-masing desa akan dievaluasi mulai dari penggunaan Dana Desa (DD) sudah sampai dimana. Begitu juga terkait perkembangan Bumdesnya yang sekaligus mendorong program unggulan desa.

“Ini untuk mendorong pada tahun 2019 pengentasan kemiskinan, yang ada di Konsel. Dimana saat ini kita telah membentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan Terpadu Daerah (TPKTD), sekretariatnya di Dinas Sosial Konsel,” jelasnya.

Lanjutnya, jadi semua satu data mulai dari orang-orang yang belum beruntung, siapa-siapa saja dan bagaimana cara menanganinya. Jadi SKPD Konsel akan membuat program-program untuk percepatan masalah kemiskinan.

“Jadi TPKTD didalamnya sudah ada semua unsur, ada Kesehatan, Pertaniannya dan lain-lain. Jadi saat ini sesuai rilis dari BPS angka kemiskinan di Konsel Alhamdulillah tinggal 9,75 %. Dimana pada saat saya dilantik beberapa tahun lalu angka kemiskinan Konsel berada di angka 13,1%,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya target di tahun 2021 angka kemiskinan Konsel tinggal 8%, dan ini harus dikejar agar semua benar-benar real. Untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sambung dia semua tetap jalan.

“Nanti setelah data 1, akan kelihatan dia maslahnya dimana oleh Dinas Perumahan jadi semua sinergi, karena dana Kabupaten tidak terlalu besar hanya 3 – 4 Miliat per tahun, tapi DD ini bisa menanggung minimal 5 rumah oleh Kades untuk warga desanya yang miskin, bahkan ada yang sampai 20 rumah,” paparnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top