METRO KOLAKA

Empat Kecamatan Belum Miliki RPK

KOLAKAPOS, Kolaka — Jumlah Rumah Pangan Kita (RPK) di Kabupaten Kolaka terus mengalami peningkatan. Hingga akhir 2017, ada 35 RPK yang beroperasi di Kolaka dan pada 2018 saat ini RPK di Kolaka sudah mencapai 40 unit. Melihat keberadaan RPK yang cukup efektif dalam menstabilkan harga sembako, Badan Urusan Logistik (Bulog) berencana menambah jumlah RPK yang ada di Kabupaten Kolaka.

“Di Kolaka ada 12 kecamatan, dan saat ini masih ada empat kecamatan yang belum ada RPKnya yaitu di kecamatan Toari, Watubangga, Polinggona dan Iwoimn” ungkap Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Kolaka, Ardiansyah.

Ardiansyah juga mengajak seluruh eleman masyarakat yang ada di semua kecamatan yang ada di Kolaka untuk bermitra dengan Bulog Kolaka dengan membuka RPK. Sebab dengan menjadi anggota RPK, kata dia akan ada keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan.

“Kalau mau jadi anggota RPK tentu ada harga khusus yang disediakan. Adapun syarat untuk menjadi anggota RPK yaitu cukup menyetor KTP dan surat keterangan usaha dari desa,” tuturnya.

Dia menambahkan, komoditi yang disediakan di RPK pada tahun ini lebih banyak dibanding sebelumnya.

“Tahun lalu RPK hanya sediakan gula. Tapi di tahun ini kami sudah sediakan bawang putih dan minyak goreng,” tambahnya.

Ardiansyah menuturkan, harga sembako yang disediakan oleh RPK sangat terjangkau. Sebab, tujuan RPK yaitu membantu menstabilkan harga kebutuhan pokok di masyarakat.

“Jadi harga yang dijual oleh RPK itu sudah ditetapkan dan tidak bisa lagi dinaikkan. Harga gula Rp 12.500 per kilo, bawang putih Rp 17 ribu per kilo, dan minyak goreng hanya Rp 12.500 per liter,” tuturnya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top