MUNA

Pemda Muna Bakal “Permak” TPU Warangga Jadi Taman

TPU Warangga bakal ditata oleh Pemda Muna menjadi taman. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Pemerintah daerah (Pemda) Muna akan segera melakukan penataan
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Warangga. Pasalnya, TPU yang berada diarea kawasan hutan Warangga itu akan ditata menjadi taman. Tujuannya, agar warga yang melakukan ziarah di makam tersebut bisa lebih nyaman.

“Disana agak semerawut, sehingga tentu butuh penataan. Kita buat taman,” ujar Bupati Muna LM Rusman Emba pada Kolaka Pos saat dijumpai di Rujab Galampa Kantolalo jalan bypas kota Raha akhir pekan kemarin.

Lokasi TPU Warangga saat ini menurut Rusman, relatif mengalami penyempitan. Olehnya itu, Pemda Muna telah menyiapkan lahan TPU baru berlokasi di wilayah Kontu. “Makam Warangga kita sudah siapkan lahan di sekitar Kontu. Yang terlajur sekarang tinggal kita tata sedemikian rupa biar kelihatan indah,” katanya

Selain itu, untuk menghidupkan kembali ekosistem di kawasan hutan Warangga yang saat ini kondisinya hutannya kian menggundul akibat pembalakan disertai pembukaan lahan untuk dijadikan area perkebunan masyarakat, maka orang nomor satu di Bumi Sowite ini telah mengagendakan reboisasi di kawasan hutan tersebut. “Warangga sebagai penyanggah banjir. Olehnya itu kita lakukan reboisasi. Konsepnya, tanamannya bukan jati, tetapi kita memilih tanaman yang cepat tumbuh. Kemudian masyarakat yang berdiam disitu (kawasan hutan Warangga. Red) kita sudah ada konsep untuk memasukkan mereka ke Kontu. Kemudian disana (Kontu. Red) ditata,” katanya

Harapannya, programnya ini dapat bermanfaat untuk masyarakatnya. “Kami berharap, disatu sisi dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, selain itu penataan kota, khususnya di Warangga akan menjadi indah,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top