MUNA

Pemda Muna Tampilkan Pariwisata dan Industri di Halo Sultra

Pemkab Muna tampilkan prodak unggulan olahan industri dan pariwisata di Halo Sultra. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Pemerintah Provinsi  Sultra kembali menghelat festival Halo Sultra. Pameran tahunan ini akan diikuti oleh 17 kabupaten/kota di Sultra, salah satunya yakni daerah Kabupaten Muna. Pasalnya, hajatan akbar yang dibuka oleh Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi Senin (23/4) malam. Dalam stand pameran, kabupaten Muna menampilkan berbagai hasil kerajinan industri dan potensi wisata alam, sumber daya dibidang keluatan hingga  pertaniannya. Hal ini dikemukakan Bupati Muna LM Rusman Emba melalui Kabag Humas dan Protokoler Pemda Muna Amiruddin Ako pada Kolaka Pos, Senin (23/4).

Menurutnya, yang akan dipamerkan yakni hasil industri seperti mebel, souvenir dari limbah jati,  kerajinan dari bahan baku nentu seperti tudun saji, bosara, keranjang dan souvenir, hasil tenunan Muna dengan pewarna alam, dan souvenir. Selain itu adajuga  produk industri rumah tangga yang terdiri dari olahan jambu mete, abon ikan, abon ayam,  kue khas Muna serta prodak tenun kain khas Muna menggunakan pewarna alam dan hingga menampilkan proses penenunan kain tenun Muna secara tradisional.

Untuk dibidang kepariwisataan lanjut Amir mengungkapkan, keindahan alam serta laut Meleura, Towea, Napabale dan Liang Kobori juga menjadi prioritas yang ditonjolkan dalam expo tersebut. “Gagasan Mai Te Wuna masih menjadi ikon selain dengan sumber daya yang lain,” ujarnya

Amir berharap expo Halo Sultra ini dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan wisatawan di Muna serta peningatan pendapatan ekonomi masyarakat. “Semoga jumlah kunjunjungan wisatawan di Muna bisa meningkat,” harapnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top