METRO KOLAKA

Pedagang Kolaka Timbun Sembako;  Perindakop Siap Berikan Sanksi

KOLAKAPOS, Kolaka — Jelang bulan suci ramadhan, Dinas Perindakop Kabupaten Kolaka mulai menyiapkan sanksi kepada para pedagang. Baik itu berupa pedagang ecera maupun pengumpul. Hal itu bukannya tak memiliki alasan, melainkan mengantisipasi agar tidak menaikan harga terlalu tinggi sehingga bakal membuat para pembeli menjerit.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Kabupaten Kolaka, Kamal Arief mengatakan, sanksi yang diberikan kepada mereka bervariasi, tergantung pelanggaran yang akan ditemukan jika kelak terbukti.Untuk itu katanya, semoga menjelang bulan suci ramadhan hingga hari raya perayaan idul fitri pada tahun ini tidak ada para pedagang yang memainkan harga terlalu tinggi.

“Yang jelas, ada sanksi akan diberikan kalau ada yang mencoba memainkan harga yang terlalu tinggi. Namun untuk saat ini belum ada yang kami temukan,” ungkapnya saat ditemui kemarin.

Bukan hanya itu lanjut pria yang di sapa Nonong ini oleh rekan-rekannya, jiika ada pedagang yang melakukan penimbunan sembako, akan diberikan sanksi juga. “Jadi, bukan hanya kenaikan harga yang terus kami pantau. Tapi, kalau ada yang coba-coba melakukan penimbunan. Ini juga akan kami sanski tegas. Bahkan jika ini terbukti, bisa langsung berhadapan dengan penegak hukum,” katanya.

Ia juga mengatakan, meski setiap menjelang bulan suci ramdahan hingga hari raya perayaan idul fitri selalu ada kenaikan harga sembako. Namun pihaknya berharap, pada tahun ini tidak terlalu signifikan. Sebab, berdasarkan pantauan ketersedian sembako pada beberapa pasar yang ada di Kabupaten Kolaka ketersedian bisa terpenuhi. Hal ini katanya, berdasarkan pengakuan beberapa pengumpul yang ada. Begitu juga penyaluran yang ada di Kolaka, hingga saat ini belum ada hambatan. Termasuk cuaca masih sangat bersahabat.

“Jadi, kami harap ketersedian sembako ini bisa berlangsung hingga selesai perayaan hari H Idul fitri nanti. Mengingat, kebutuhan sembako pada saat itu oleh masyarakat sangat tinggi. Yang jelas, kami akan terus pantau perkembangan kenaikan harga dan ketersedian sembako yang ada di Kolaka,” tutupnya. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top