METRO KOLAKA

Eks Tambang C Penyebab Kolaka Selalu Banjir

KOLAKAPOS, Kolaka–Kepala Dinas Perumahan dan pemukiman Kolaka H. Abbas membenarkan jika hasil evaluasi bebarapa tahun terakhir mengenai penyebab banjir di beberapa wilayah Kolaka salah satunya karena aktifitas tambang galian C.

“Setelah dilakukan evaluasi, satu penyebab banjir adalah pendangkalan got atau drainase yang diakibatkan sedimentasi akibat dari pengerukan oleh para pengusaha untuk penimbunan yang tidak memikirkan dampak lingkungan,” ujar Abbas kepada Kolaka Pos.

Lanjut ia mengatakan masyarakat Kolaka memang tidak bisa menghindari banjir dadakan. Namun dengan kejadian tersebut masyarakat juga tidak bisa menyalahkan seutuhnya kepada pemerintah Kolaka. Pasalnya ada beberapa faktor yang menyebabkan Kolaka sering banjir.

“Penyebab banjir di kolaka diantaranya adalah konduisi geografis Kolaka yang berada di cekungan dan di kelilingi oleh gunung dan dekat dengan lautan. Yang jika hujan deras dan bersamaan naiknya air laut maka pasti akan menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Kemudian kondisi Kota Kolaka yang mempunyai kemajuan sangat pesat sehingga beberapa wilayah sebagai serapan air saat ini sudah di bangun oleh beberapa pengembang. Selanjutnya tidak ada reklamasi terhadap eks tambang galian C di Kolaka, yang dampaknya pendangkalan drainase dan menyebabkan banjir,” katanya.

Lanjut Abbas sebenarnya persoalan yang terjadi di Kolaka menjadi persolan bersama, secara personal itu tanggung jawab masing-masing. Kita sebagai warga Kolaka tidak boleh apatia. pasalnya masyarakat Kolaka kesadaran membuang sampah pada tempat sampah yang benar itu masih belum di lakukan.

“Silahkan cek, jika banjir, sampah yang berhamburan adalah berasal dari limbah rumahtangga. Pengendalian banjir tentunya menjadi tanggung jawab kita semua. Pemerintah dan masyarakat, masing-masing memiliki peran penting dalam upaya mencegah banjir di Kolaka,” tambahnya.

Tentu harapan Pemerintah Kolaka, tak ingin ada banjir melanda Kolaka. Namun yang terpenting semua masyarakat bertanggung jawab, dalam hal ini menjaga lingkungan yang ada.

“Misalnya tidak membuang sampah di sembarang tempat. Saya juga berharap apara pengusaha bisa melakukan penghijauan kepada eks tambang galian C di beberapa titik di dalam Kota Kolaka,” katanya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top