BERITA UTAMA

Hanura Kolaka Target Satu Kursi Tiap Dapil

Ketua Hanura Kolaka, Hasbi Mustafa.

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemilihan Calon Legislatif akan berlangsung satu tahun lagi atau tepatnya pada 9 April 2019 mendatang. Meski masih terbilang lama. Beberapa Partai Politik yang ada di Kabupaten Kolaka mulai memasang target pada demokrasi lima tahunan itu di parlemen.
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) misalnya. Parpol yang dinakhodai Oesman Sapta Odang itu, telah menargetkan satu kursi setiap Daerah Pemilihannya dari empat Daerah Pemilihan yang ada di Kabupaten Kolaka.
Untuk itu kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Kabupaten Kolaka Hasbi Mustafa, pihaknya saat ini sementara melakukan perekrutan Bakal Calon Legislatif (Balon) dari semua Dapil yang ada. Bahkan katanya, hingga saat ini sudah ada dari empat Dapil yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara Pemilu itu telah terpenuhi oleh Hanura. Begitu juga dengan keterwakilan perempuan sesuai UU yakni 30 persen telah terpenuhi.
“Yang jelas, dari semua Dapil yang ada, Hanura Kolaka sudah memiliki banyak peminat pasca diberikannya ruang pendaftaran Balon, sehingga kami menargetkan satu kursi tiap Dapil dan unsur Pimpinan DPRD harga mati,” ungkapnya akhir pekan kemarin.
Meski demikian lanjut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka ini, Hanura Kabupaten Kolaka tidak ada yang namanya mengistimewakan salah satu Balon untuk ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT). Melainkan akan tetap dilakukan penilaian oleh tim internal Hanura Kabupaten terlebih dahulu sebelum ditetapkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS).
“Yang jelas, perekrutan Balon ini secara gratis tanpa di pungut biaya, dan yang kami utamakan adalah, Balon yang memiliki popularitas, elektabilitas. Namun yang utama adalah, Balon tersebut telah mengetahui persoalan yang ada diwilayahnya, sehingga ketika terpilih nanti, tinggal diperjuangkan diparlemen,” tuturnya dari semua Balon yang mendaftar di Hanura saat ini, semuanya berasal dari berbagai golongan atau latar belakang yang berbeda. Namun tidak ada yang berasal dari mantan anggota DPRD Kolaka.
Untuk diketahui, penetapan Dapil yang ada di Kabupaten Kolaka dituangkan dalam surat keputusan KPU-RI No 291/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tertanggal 4 April 2018 yang juga memuat alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi dan Kabupaten / Kota yang ada di Sulawesi Tenggara.
Adapun penetapan tersebut untuk daerah Pemilihan wilayah Kabupaten Kolaka terdiri dari empat zona atau Dapil. Untuk Dapil Kolaka satu terdiri dari dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kolaka dan Latambaga dengan Alokasi sembilan Kursi. Lalu Dapil Kolaka dua meliputi tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Baula, Kecamatan Pomalaa dan Kecamatan Wundulako juga dengan alokasi sembilan Kursi. Kemudian Dapil Kolaka tiga terdiri dari empat Kecamatan yaitu Kecamatan Polinggona, Tanggetada, Kecamatan Toari, dan Kecamatan Watubangga dengan alokasi enam kursi. Sedangkan terakhir atau Dapil Kolaka empat yang terdiri dari tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Iwoimenda, Kecamatan Samaturu dan Kecamatan Wolo dengan alokasi juag enam kursi. Dengan demikian, dari empat Dapil itu, total alokasi kursi sebanyak 30 untuk anggota DPRD Kolaka atau tidak ada penambahan kursi hanya Dapilnya saja yang berubah. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top