METRO KOLAKA

Polres Kolaka Lakukan Patroli cyber

KOLAKAPOS, Kolaka–Menghadapi pemilihan Kepala Daerah serentak pada 2018 ini, jajaran Polres Kolaka mulai melakukan patroli cyber di sejumlah media sosial yang ada di Kolaka.

Kapolres Kolaka AKBP Didik Supranoto melalui Kasat Reskrim AKP I Gede Pranata mengatakan, tujuan utama kegiatan ini untuk mendinginkan isu-isu yang berkaitan dengan Pilkada. Selain itu, anggota yang diterjunkan juga bertugas mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat jelang dan saat Pilkada berlangsung.

“Dalam patroli siber di media, belum ada temuan isu terkait Pilkada yang mengandung SARA, provokasi di media sosial maupun media online,” kata Gede beberapa waktu lakukan.

Selain itu, kata dia, untuk menciptakan Pilkada damai, pihaknya secara rutin telah membuat konten (meme) di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untungk menangkal informasi bohong.

“Kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara rutin. Tak lupa juga koordinasi dengan instansi dan Gakkumdu terkait terus ditingkatkan untuk menjaga kondusifitas Kabupaten Kolaka,” jelasnya.

Untuk pengawasan facebook, twiter dan media sosial, Polres kolaka melakukan pengecakan terhadap 400 kontem media Siber setiap harus. Jika ada masalah pilkada maka yang akan melakukan penanganan adalah Panwas. Namun jika ada ujaran kebencian itu bisa masuk dalam pidana umum dan Polres akan melakukan tindakan hukum.

“Hingga saat ini konten online yang ada di Kolaka baik itu Facebook, twiter,insagram semuanya masih kondusif. Kami dari Polres Kolaka menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terprofokasi dengan beragam berita. Jangan langsung menyebarluaskan tanpa melakukan pengecekan. Membuat kegaduhan di media sosial bisa berurusan dengan hukum. Bijaklah dalam meberikan pendapat agar tidak ada yang tersinggung dan tersakiti,” tambah Gede.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top