METRO KOLAKA

290 Calon Jamaah Haji Kolaka Ikuti Manasik

Calon Jamaah Haji Kolaka saat mengikuti manasik haji di Masjid Agung Khaerah Ummah.FOTO:Kaulia Ode/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Keberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Kolaka 2018 tidak akan lama lagi. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka bekerja sama dengan Pemda setempat mengundang seluruh calon jamaah haji Kolaka untuk melakukan bimbingan manasik haji di Masjid Agung Khaerah Ummah, Minggu (1/7). Hadir dalam acara tersebut Bupati Kolaka H Ahmad Safei dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenag Sultra), Dr Abdul Kadir yang sekaligus membuka kegiatan manasik haji.

Drs H Abdul Azis Baking mengatakan kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 1 Sampai 2 Juni 2018. Ia menyebut, calon jamaah haji Kolaka tahun ini berjumlah 290 orang. Terdiri 90 laki-laki dan 200 perempuan. Dari 12 kecamatan di Kabupaten Kolaka, Pomalaa menjadi penyuplai calon jamaah haji terbanyak dengan jumlah 79 orang. Terbanyak kedua dari kecamatan Kolaka dengan 72 orang. Disusul Latambaga 41, Wundulako 32, Samaturu 23, Watubangga 15, Wolo 12, Baula 9 dan Toari 2 orang. Sementara tiga kecamatan lainnya, yakni Polinggona, Tanggetada dan Iwomendaa sama sekali tidak memiliki calon jamaah haji tahun ini.

“Calon jamaah haji tertua bernama Ibe Petta Tippe Makkajoa dengan umur 92 tahun asal Kecamatan Samaturu, sedangan yang termuda atas nama Emilyah Usman Rahman berumur 22 tahun asal Kecamatan Pomalaa,” papar Abdul Azis Baking dalam laporannya.

Sementara itu Bupati Kolaka H Ahmad Safei dalam sambutannya berharap seluruh peserta manasik haji betul-betul serius mengikuti kegiatan manasik dan mempedomani buku panduan haji, agar semua dapat menyempurnakan keislaman sehingga dapat terwujud menjadi haji yang mandiri dan meraih Haji Mabrur.

Sementara, Kepala Kakannwil Sultra, Abdul Kadir yang membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada Pemda Kolaka yang telah bekerjasama dengan Kemenag Kolaka dalam menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji bagi calon jamaah haji dengan sangat baik. (kal/hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top