METRO KOLAKA

Masyarakat Harus Waspadai Penyakit Musim Hujan

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka, mengimbau agar warga mewaspadai penyakit yang biasa muncul pada musim penghujan.

“??Kita meminta dan mengimbau masyarakat agar selalu mengantisipasi penyakit pada musim hujan sekarang ini,”kata Kadis Dinkes Kolaka, Harun Masirri.

Ia mengatakan, beberapa jenis penyakit yang rentan datang pada musim hujan seperti, demam berdarah, diare, muntah-muntah dan infeksi saluran pernafasan (ISPA).Lanjut Harun, penyakit yang disebabkan bakteri dan parasit terutama di daerah yang airnya mudah meluap dan menghanyutkan sampah dan kotoran.

“Air akan terkontaminasi bakteri dan parasit, demikian juga dengan bahan makanan seperti sayur. Selain itu juga dapat menginfeksi manusia yang menyebabkan penyakit seperti diare, disentri dan cacingan,” tuturnya.

Ia mengatakan, langkah antisipasi perlu dilakukan dengan menyiagakan petugas kesehatan di RSUD, puskesmas, pustu dan juga menjaga ketersediaan obat-obatan.

“Bagi masyarakat perlu menjaga kesehatan diri sendiri dengan pola hidup sehat, juga menjaga kebersihan lingkungan.Kita sudah menyiagakan petugas di lapangan. Meraka akan bekerja sama dengan puskesmas,”? tambahnya.

Ia meminta masyarakat menginformasikan ke Dinkes atau puskesmas terdekat jika ada indikasi penyakit yang ditimbulkan akibat musim hujan.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top