BERITA UTAMA

Caleg Mantan Napi, Wajib Umumkan Kejahatan di Media Cetak

Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) kabupaten Muna, Kubais

KOLAKAPOS, Raha–Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) kabupaten Muna, Kubais mengingatkan kepada mantan narapidana (napi) yang akan mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPR, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten/kota di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk mengumumkan kejahatan mereka melalui media cetak.

Hal tersebut merupakan syarat utama bagi para Caleg, agar masyarakat mengetahui latar belakang mereka. “Surat dari pemimpin redaksi media massa lokal atau nasional yang menerangkan bahwa bakal calon telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik sebagai mantan Napi dan surat keterangan dari kepolisian bahwa yang bersangkutan bukan pelaku kejahatan berulang-ulang,” ujar Kubais pada Kolaka Pos kemarin usai menggelar rapat koordinasi bersama instansi/lembaga terkait untuk persyaratan calon anggota DPRD dalam Pemilu 2019 di aula KPU Muna.

Menurutnya, bukti berupa surat pernyataan yang bersangkutan yang dimuat dalam media massa itu selanjutnya disampaikan kepada KPU kabupaten Muna pada saat pengajuan/pendaftaran calon atau pada masa perbaikan.

Selain itu, Kubais juga menegaskan pada saat pengajuan/pendaftaran calon legislatif, eks Napi juga harus melampirkan surat keterangan dari kepala Lapas atau Rutan dan salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap melalui pejabat berwenang pada Pengadilan Negeri. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top