BERITA UTAMA

KPU Pleno Hasil Pilkada 5 Juli

KOLAKAOS, Kolaka–Jika tidak ada halangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka akan melakukan pleno hasil penghitungan suara Pilkada serentak bupati dan wakil bupati Kolaka, serta gubernur dan wakil gubernur Sultra pada Kamis (5/7) nanti. Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Kolaka Nur Ali, diruanganya (2/7). “Insya Allah Kalau tidak ada halangan 5 Juli nanti. Sesuai jadwal (pleno hasil penghitungan suara) itu 4,5,6 Juli. Kita ambil tengah-tengahnya,” terangnya.

Saat ini, kata Nur Ali, beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan juga masih melakukan pleno perhitungan suara. “Saat ini masih ada beberapa, seperti di Toari dan juga yang melakukan PSU ulang kemarin. Itu jadwalnya sampai tanggal 4. Makanya kita rencanakan di 5 Juli, dengan perkiraan semua pleno di kecamatan sudah rampung,” sambung Nur Ali.

Dia juga mengatakan beberapa kecamatan sudah merampungkan pleno perhitungan suara dan bahkan sudah disetor ke KPU. Sehingga dengan demikian usai pleno pada 5 Juli nanti, KPU Kolaka akan menetapkan siapa peraih suara terbanyak. “Kalau sudah pleno kita bisa tetapkan siapa peraih suara terbanyak, selanjutnya kita plenokan di Provinsi,” ungkapnya.

Secara keseluruhan kata Nur Ali, pelaksanaan pemungutan suara di Kolaka berjalan lancar, meski ada 4 TPS dilakukan pemungutan suara ulang. “Alhamdulillah semua lancar, yang PSU itu hanya human error, ya begitulah masih ada petugas kita yang lupa,” terangnya.

Nur Ali juga mengatakan dalam Pilkada serentak kali ini, Partisipasi pemilu diperkirakan meningkat dibandingkan pilkada lalu. “Kalau sementara dari hasil pengamatan meningkat dibanding lalu lalu, tapi belum kita pastikan karena belum pleno, yang pasti kita targetkan 75 persen,” ujarnya. (cr4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top