METRO KOLAKA

Pemda Himbau Masyarakat Jaga Kantibmas Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten Kolaka mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka agar tidak mudah terprovokasi serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Hal itu dikatakan oleh Asisten I Setda Kolaka, Muhammad Bakri di ruangannya, Selasa (3/7).

“Selaku pemerintah, saya imbau kepada masyarakat mari kita menjaga keamanan dan ketertiban agar pelayanan serta program pemerintahan di Kabupaten Kolaka dapat berjalan dengan baik. Jangan mudah terprofokasi oleh isu yang tidak benar,” kata Bakri.

Untuk masalah pengrusakan sejumlah fasilitas umum yang dilakukan oleh sejumlah massa di sekitar kantor Bupati Kolaka, yang berkaitan Pilkada 27 Juni lalu. Dampak pengrusakan tersebut beberapa fasilitas umum seperti taman, lampu taman, serta dua unit mobil yang terparkir di halaman kantor Bupati Kolaka tak terlepas dari pengrusakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sampai saat ini pemerintah Kabupaten Kolaka masih memaafkan ulah sejumlah massa yang melakukan pengrusakan fasilitas umum.

“Sebagai pemerintah tentu masih kami maafkan karena mereka masih masyarakat kami. Tapi kami harap kejadian itu tidak lagi terulang, karena kalau sampai terulang, tentu kami akan tempuh jalur hukum,” tegasnya.

Menyikapi tudingan massa yang menilai terjadi dugaan kecurangan pada Pilkada kemarin, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum. “Kalau misalkan ada oknum atau lembaga, silahkan saja dilaporkan biar di proses hukum. Kalau itu terbukti saya kira itu jelas aturannya,” katanya.

Ia juga menegaskan, pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka pada pelaksanaan Pilkada merupakan instruksi langsung dari Pemerintah Pusat.

“Pada pertemuan dengan Pemprov Sultra sebelum pelaksanaan Pilkada kemarin, Gubernur telah memerintahkan bahwa sejumlah instansi seperti Disdukcapil, Kesbangpol, 1 X 24 jam harus tetap membuka pelayanan. Jadi memang itu semua perintah dari Menteri ke Gubernur kemudian kepada Bupati. Dan ini bukan hanya berlaku di Kabupaten Kolaka tapi berlaku bagi semua daerah yang melaksanakan Pilkada,” tuturnya . (hud)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top