BERITA UTAMA

Pleno Tingkat Kecamatan Rampung

KOLAKAPOS, Kolaka–Seluruh Kecamatan di Kolaka, telah merampungkan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Masuknya hasil pleno PPK Samaturu, menandakan akhir dari penghitungan suara pada 12 kecamatan di Kolaka.

Ketua KPUD Kolaka, Nur Ali mengatakan, pleno tersebut telah rampung untuk Pilkada Kolaka dan Pilgub Sultra. Kemarin (2/7) di ruang kerjanya, Nur Ali menyebut

Ia lalu menuturkan, untuk PPK yang pertama selesai melakulan pleno, adalah kecamatan Iwoimendaa, sedangkan yang terakhir adalah, Samaturu. ” Terakhir, tadi malam baru masuk hasil pleno tingkat PPK dari kecamatan Samaturu. Kecamatan lainnya, terlebih dahulu telah selesai melaksanakan pleno,” tuturnya.

Seluruh surat suara dari 12 kecamatan telah berada di sekretariat KPUD Kolaka dan dijaga ketat polisi. Meski demikian, Nur Ali belum mau mengungkapkan siapa yang memperoleh suara terbanyak dari hasil pleno kecamatan untuk Pilkada Kolaka, maupun Pilgub Sultra. “Sekarang saya ditanya siapa yang menang di Kolaka saat ini. Saya tidak bisa menjawabnya. Karena saya belum melihat berita acaranya hasil pleno tingkat Kecamatan. Kita bisa melihatnya, pada saat usai pleno nanti atau ketika ditetapkan. Karena surat suaranya masih dalam kotak,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, pada saat pleno di KPUD Kolaka nanti, akan diupayakan agar semua PPK dari 12 Kecamatan turut hadir. Begitu juga dengan Panwas serta saksi dari masing-masing pasangan calon. untuk Pilkada, baik itu Pilbup maupun Pilgub, sehingga ada sinkronisasi. “Ini kami lakukan, supaya kalau ada temuan, bisa ada pembanding data. Dan sesuai aturan atau tahapan, yang akan dilakukan pleno terlebih dahulu adalah Pilgub. Ketika selesai. Maka langsung dilakukan pleno untuk Pilbup Kolaka,” tutupnya yang pelaksanan Pleno di salah satu hotel yang ada di Kolaka. (ing/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top