BERITA UTAMA

Keputusan Kemenkumham Tak Pengaruhi Konstelasi Hanura Kolaka?

Ketua DPC Partai Hanura Kolaka, Hasbi Mustafa.

KOLAKAPOS, Kolaka–Ketua DPC Partai Hanura Kolaka, Hasbi Mustafa, menyambut baik adanya keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), yang mengembalikan kepengurusan Partai Hati Nurani Rakyat yang berdasarkan keputusan Menkumham nomor: M.HH-22.AH.11.01 tahun 2017, tentang pengesahan perubahan susunan kepengurusan DPP Hanura periode 2015-2020, dengan ketua umum Oesman Sapta Odang (OSO) dan Sekjen Syarifuddin Sudding, yang sudah diterima oleh KPU Kolaka, Rabu (4/7).
Menurut anggota DPRD Kolaka itu, keputusan Kemenkumham itu tidak mempengaruhi kepengurusannya dan proses pencalonan anggota legislatif.
“Nda ada masalah, kepengurusan saya ditandatangani langsung oleh Oesman Sapta Odang, Ketua Umum,” papar Hasbi Mustafa, saat ditemui kemarin (4/7).
Kata Hasbi, dalam keputusan Kemenkumham tersebut hanya mengembalikan posisi sekjen Hanura Syarifuddin Sudding menggantikan Herry Lontung, sehingga tidak akan mempengaruhi susunan kepengurusan baik di Provinsi maupun di Kabupaten.
“Semua SK kita ditandatangani oleh ketua umum (Oesman Sapta Odang, red), jadi tidak ada pengaruhnya dan tidak merubah SK yang sudah dikelurkan oleh DPP kemarin,” ujarnya.
Terkait adanya kubu lain yang mengklaim bahwa kepengurusan dirinya sudah tidak berlaku lagi pasca keputusan Kemenkumham tersebut, Hasbi mengatakan bahwa itu tidak berdasar. “Dasarnya apa? Kubu yang lain itu SK-nya tidak ditandatangani oleh ketua umum, jadi saya kira dengan keputusan Kemenkumham ini justru menguatkan posisi kepengurusan di daerah,” ungkap Hasbi.
Dia juga menampik jika keputusan Kemenkumham tersebut tidak akan mempengaruhi proses pencalonan anggota Legislatif yang saat ini sedang berlangsung. “Nda ngaruh, yang terdaftar di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU itu kepengurusan kami, nda mungkin KPU mau akomodir kubu yang tidak terdaftar,” terangnya.
Sehingga kata Hasbi, kepada calon anggota legislatif Hanura, anggota dan simpatisan partai agar jangan terpengaruh dan terprovokasi. “Jadi saya harap para caleg nda usah terpengaruh dan terprovokasi dengan hal itu, terus lengkapi berkas dan mendaftarkan diri di KPU, kepada anggota dan simpatisan partai juga agar jangan terpengaruh, nda ada jalannya kubu lain itu, jangan kita mau terjerumus ke jalan yang salah,” terangnya.
Sementara itu, Ketua KPU Kolaka, Nur Ali yang ditemui terkait adanya keputusan tersebut, menyatakan akan mempedomani sesuai aturan yang berlaku. “Yang mana yang berlaku dan sesuai dengan aturan itulah pedoman kita, kalau sudah ada keputusan bahwa yang ini (salah satu pengurus, red) yang sah, saya kira itu yang akan kita ikuti,” terangnya singkat. (cr4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top