METRO KOLAKA

Di Kolaka Puluhan Desa dan Kelurahan Rawan Banjir

KOLAKAPOS, Kolaka–Sudah sekitar dua pekan hampir seluruh wilayah Sultra setiap harinya diguyur hujan. Alhasil sejumlah wilayah di Kolaka terendam banjir dan menimbulkan kerugian material yang cukup besar. Olehnya itu, untuk mengantisipasi kerugian material yang besar serta menghindari adanya korban jiwa jika sewaktu-waktu bencana banjir terjadi, maka Pemkab Kolaka melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan sejumlah langkah antisipasi.

“Langkah antisipasi untuk mencegah adanya korban jiwa serta kerugian material yang besar jika terjadi banjir yaitu dengan melakukan peringatan dini khususnya pada saat musim hujan datang. Selain itu, kami juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang daerahnya rawan banjir tentang cara-cara penyelamatan dan evakuasi saat banjir,” ungkap Kepala Bidang Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kolaka, Sutarno.

“Sutarno menambahkan, pihaknya juga tim relawan ketika terjadi hujan di atas 2 jam. Selain itu, pihaknya juga secara rutin melakukan pemantauan di daerah-daerah di Bumi Mekongga yang rawan banjir. Dimana dari 135 desa/kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan, terdapat 27 desa/kelurahan yang rawan banjir.

“27 desa/kelurahan yang rawan banjir itu berada di sembilan kecamatan. Kecamatan Watubangga meliputi Desa Peoho, Desa Ranoteta, Desa Watubangga, Desa Wolulu. Di Kecamatan Polinggona meliputi Desa Puudongi, Desa Wulonggere dan Desa Lamundape. Kecamatan Toari meliputi Desa Wowoli, Desa Rahabite, serta Desa Lakito. Kecamatan Tanggetada meliputi Desa Oneha, Desa Popalia, Desa Rahanggada, Desa Lamedai. Kecamatan Pomaalaa meliputi Desa Huko dan Desa Pesouha. Kecamatan Wundulako meliputi Kelurahan Lamekongga, Kelurahan Wundulako, Kelurahan 19 November. Kecamatan Kolaka meliputi Kelurahan Sabilambo, Kelurahan Balandete, Kelurahan Tahoa. Kecamatan Latambaga meliputi Kelurahan Sakuli dan Kelurahan Mangolo. Kecamatan Samaturu meliputi Desa Konaweha dan Desa Sani-sani,” bebernya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top