METRO KOLAKA

Masyarakat Keluhkan Truk Tambang Galian C

KOLAKAPOS, Kolaka–Sejumlah warga Desa Pesouha, Kecamatan Pomalaa mengeluhkan truk tambang yang setiap harinya yang muat tambang galian C dan melintas di wilayah tersebut.

Fadli, salah seorang warga Pesouha, kamis (5/6) mengaku jika kendaraan truk sangat mengganggu warga sekitar karena membuat jalanan menjadi licin saat hujan dan berdebu saat panas bahkan debu dan pasir selalu beterbangan ke rumah warga.

Padahal, truk itu sudah jelas-jelas melanggar aturan sehingga meminta kepada wakil rakyat kami untuk memberikan peringatan kepada pengusaha tersebut.

“Kami meminta wakil rakyat kami meninjau ulang lokasi tambang galian C yang ada di Pomalaa. jangan sampai tambang C yang ada di desa Pesouha tersebut tidak memiliki izin,” ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Rusman mendesak instansi terkait untuk segera bertindak. Sebab, kata dia dikhawatirkan aktifitas truk pengangkut material tersebut akan menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

“Meskipun tidak memiliki kewenangan untuk menindak atau memberikan sanski, tapi Dinas Perhubungan Kabupaten Kolaka harus segera bertindak dengan cara memberikan warning kepada sopir truk agar ia tidak mengabaikan hak pengguna jalan. Jadi Dishub harus segera turun tangan mengatasi persoalan ini,” pintanya.

Legislator dari Partai Demokrat itu juga mengesalkan sikap perusahaan pemilik truk pengangkut materail yang mengabaikan hak pengguna jalan. Dia menegaskan perusahaan pemilik truk agar segera menaati peraturan saat beroperasi di jalan umum.

“Kepada perusahaan pemilik kendaraan jangan hanya mengejar profit. Tapi taatilah peraturan dan jangan mengabaikan hak-hak pengguna jalan dalam mengangkut material. Apalagi di musim hujan seperti ini. Kalau ada kecelakaan, maka perusahaan itu harus bertanggungjawab,” tukasnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top