KOTA KENDARI

Ratusan Bacaleg Tes Kesehatan di RS Bahteramas

Sejumlah calon legislatif saat mengisi formulir tes kesehatan

KOLAKAPOS, Kendari–Sejak dibuka tanggal 1 Juli 2018, ratusan bakal calon anggota DPRD Kabupaten, kota dan Sulawesi Tenggara datang ke Rumah Sakit Bahteramas untuk melakukan pengecekan kesehatan, mulai dari Jasmani, Rohani (kejiwaan) dan Narkoba.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sultra Yusuf Hamra mengatakan, sejak dibuka pendaftaran bakal caleg sudah mencapai 579 orang. Bahkan sudah bertambah menjadi 300

” Sampai hari Selasa sudah 579 orang. Bahkan, ada tambahan 300 orang dan itu angka dikomputer. Saya belum cocokan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, caleg yang mengikuti tes kesehatan di RSUD Bahteramas itu dari DPRD Kabupaten, Kota, Provinsi, DPD RI, DPR RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

“Jadi disini semua dari DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPD RI, DPR RI, dan Bawaslu secara bersamaan,” terangnya.

Yusuf Hamra mengatakan, tes yang dilakukan ini berdasarkan koordinasi dari KPU. Salah satunya adalah KPU Konawe Selatan. Selain itu, RSUD Bahteramas juga memiliki kompetensi untuk melaksanakan tes kesehatan.

“Kami mengetahui surat KPU itu bahwa salah satu tempat pemeriksaan di RS Bahteramas sejak Sabtu lalu,” terangnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan ini ada tiga yang dilakukan di Rumah Sakit Bahteramas. Pertama pemeriksaan kesehatan, kedua pemeriksaan narkoba dari urine dan ketiga pemeriksaan kesehatan jiwa, itu 500 soal sekitar 90 menit waktunya itu agak lama.

“Kami juga mempunyai kompetensi untuk tes kejiwaan, kalau tes kejiwaan itu pakai software dan itu juga sejak mulai dari pemeriksaan pilkada, pemeriksaan komisioner itu kan paket pemeriksaan itu ada sejak itu. Memang kami siap sejak rangkaian rangkaian pemeriksaan ini,” terangnya.

Ia menambahkan, terkait batas waktu tes kesehatan pihak RSUD Bahteramas tidak membatasi. Sebab, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan.

“Sebenarnya batas waktunya ya tergantung mereka bagaimana harus memasukan berkas ke panitia seleksi entah di partainya atau di KPU ya, tapi yang jelas dari kami saya tidak akan membatasi, kami berusaha memudahkan tentunya sampai kapan saya akan fasilitasi,” paparnya.

Sementara itu, Caleg Dapil 2 Konsel fraksi Partai Berkarya Faisal mengatakan, untuk pelayanan bahteramas sangat baik sekali. Solidaritas tim-tim seleksi tes muslim dari awal sampai tahap akhir.

“Kalau dari pelayanan Alhamdulillah sangat bagus, semua itu tertata dan terkoneksi dengan baik,” paparnya.

Faisal mengungkapkan, untuk mencakup kelengkapan caleg, dirinya tetap berusaha melengkapi sesuai apa yang dibutuhkan.

“Kami dari partai memang ingin betul-betul bersaing dan untuk membesarkan partai dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa kami masuk ke dalam ini supaya masyarakat juga berpartisipasi untuk melaksnakan UU,” tegasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top