METRO KOLAKA

Camat Ingatkan warga Jaga kebersihan Lingkungan

KOLAKAPOS, Kolaka–Musim penghujan saat ini tidak bisa di prediksi, namun pemerintah Kecamatan Kolaka mengingatkan warganya untuk tetap memelihara kebersihan lingkungan. Menurutnya, hal ini perlu senantiasa dilakukan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit yang kerap terjadi di musim hujan.

“Memasuki musim penghujan, kami menghimbau agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan ligkungannya. Sebab musim hujan dengan lingkungan yang kotor biasanya menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit, seperti demam berdarah,” kata Camat Kolaka Muh. Arnan Amry

Arnan juga mengingatkan warga untuk senantiasa waspada dengan bencana banjir. Ia menekankan agar masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat terutama di selokan maupun sungai.

“Air itu harus diberikan jalan, bukan ditahan. Kalau ditahan, ketika volumenya besar pasti menimbulkan banjir,” ujarnya.

Arnan juga mengkritisi sebagian warga yang menutup drainase yang sudah dibuat oleh pemerintah. Katanya, karena drainase tersebut tertutup akibatnya air tidak dapat mengalir dan menumpuk sehingga menimbulkan bau busuk dan memicu terjadinya wabah penyakit.

“Kadang warga juga menimbun sampai menutupi saluran air. Efeknya air menumpuk dan menjadi sarang wabah penyakit. Selain itu juga menimbulkan banjir ketika hujan tiba,” terangnya.

Ia mengatakan, penanganan masalah banjir tidak bisa hanya dibebankan ke Pemerintah kabupaten dan Kecamatan Kolaka. “Tidak bisa setiap banjir Pemda yang disalahkan. Masyarakat juga punya andil dalam penanganan banjir dengan menjaga kebersihan saluran air di lingkungannya masing-masing,” tutupnya.

Arnan juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait yang kini telah bekerja keras menangi banjir. Bahkan Dinas Pekerjaan Umum telah berjanji jika ada genangan air maka pemerintah kecamatan bisa langsung melaporkan dan alat berat sia[ diturunkan untuk mengatasai masalah genangan air.

“Alat Dinas Pu saat ini siap sebagai bentuk penangan reaksi cepat sembari dinas PU menyusun rencana induk salauran air yang akan dikerjakan hingga tuntas,” tuturnya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top