BERITA UTAMA

Mantan Kadinkes Koltim, Bantah Gelapkan Dana Sumbangan Dokter

Mantan Kadis Dinkes Koltim Hanari

KOLAKAPOS, Tirawuta–Dituding menggelapkan dana sumbangan para dokter dan bidan saat masih menjabat, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Timur, Hanari membantah. Menurutnya, dana sumbangan tersebut digunakan untuk kepentingan Dinkes sendiri.

Sebelumnya, dokter dan bidan di Koltim menuding Hanari menggelapkan dana sumbangan sebesar Rp20 juta. Namun Hanari menerangkan, dana tersebut digunakan untuk membayar hutang pembenahan kantor Dinkes. “Uang 20 juta rupiah yang diisukan saya gelapkan, itu salah dan tidak benar,” bantah Hanari saat ditemui media ini.

Ia menjelaskan saat menjabat Kadinkes, ia mendapat instruksi dari bupati Koltim, Tony Herbiansyah untuk pindah dari kantor lama Dinkes ke kantor baru di kompleks perkantoran Lalingato. Di kantor baru tersebut, banyak perlengkapan kantor yang belum terpenuhi. Dinkes belum dapat memenuhi perlengkapan tersebut karena dana rutin belum tersedia. Sebagai langkah antisipasi, Hanari menggunakan dana sumbangan bidan untuk mengadakan segala kebutuhan kantor dinas. Harapannya, dana sumbangan akan diganti menggunakan dana rutin Dinkes. “Tapi belum sempat saya ganti dana sumbangan itu dengan dana rutin, saya sudah dilengser dari posisi Kadis,” jelasnya.

Wanita berjilbab ini merinci, dana sumbangan Rp20 juta itu digunakan untuk membiayai pemasangan tralis pengaman jendela sekitar Rp15 juta, perbaikan taman bunga bersama pot dan bunganya, serta pembelian aki mobil dinas, termasuk serta alat alat pembersih lap kaki dan kain pel.

Namun menurutnya, saat akan meninggalkan jabatan, dirinya sempat menyampaikan kepada pejabat baru agar dana sumbangan para dokter dan bidan dapat dikembalikan agar pelaksanaan syukuran dapar dilaksanakan. “Dana sumbangan itu, saya gunakan untuk bayar hutang kantor, nanti ketika dana rutin keluar baru digantikan, namun pejabat baru seakan mengabaikan untuk mengembalikan dana sumbangan tersebut sehingga sampai hari ini tak kunjung digantikan,” tandasnya. (k9/c)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top