METRO KOLAKA

Dinkes Usulkan Puskesmas Toari Jadi Rawat Inap

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Massiri

KOLAKAPOS, Kolaka – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka, akan terus melakukan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan pelayanan medis dan kesehatan kepada masyarakat. Pada tahun 2018 akan dibangun Puskesmas rawat inap di daerah di Kecamatan Toari dengan model seperti yang ada di Kecamatan Pomalaa.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Massiri mengatakan untuk membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama didaerah Toari perlu adanya puskesmas rawat inap, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menempuh perjalanan yang jauh, saat terserang penyakit.

“Pembangunan puskesmas rawat inap akan di bangun di Kecamatam Toari. Dan inu telah menjadi program pemerintah daerah sejak awal dimana hingga saat ini dari 12 kecamatan ada di Kolaka hampir seluruhnya mempunyai puskesmas rawat inap,” katanya.

Untuk Puskesmas yang saat ini sudah rawat inap yaitu, Puslesmas Wolo, Samaturu, Pomalaa, Wundulako, Tanggetada, Latambaga, dan Puskesmas Kolaka. Untuk 2018 ini Pemkab Kolaka akan merubah status puskesmas Toari yang rawat jalan menjadi rawat Inap.

“Pemerintah Kolak akan terus berupaya untuk peningkatan kesehatan ini. Tujuan utamanya adalah agar masyrakat Kolaka tidak bertumpuk berobat pada rumah sakit umum. Jadi jika penyakit biasa yang di derita, maka pasien cukup melakukan perawatan di puskesmas saja,” tambahnya.

Lajut Harun untuk anggaran pebangunan puskesmas Toari sekitar Rp 4 Miliar. Selain pembangunan Puskesmas pemerintah Kolaka juga berencana akan membangun perumahan petugas kesehatan.

“Dengan pembangunan puskesmas yang baru di Kecamatan Toari, pemerintah berharap akan berdampak pada peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat Toari. Saat ini Puskesmas sudah bagus namun peningkatan pelayanan kesehatan itu harus selalu lebih baik,” tuturnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top