KOLAKA UTARA

Awasi Program Revitalisasi Kakao, Pemda Kolut Bentuk Tim Sembilan

Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahmanu Umar menggali tanah untuk ditanami Kakao.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Program uggulan Bupati Kolaka Utara Nurahman Umar dan Wakilnya H.Abbas ditahun pertama kepemimpinannya itu bukan isapan jempol semata. Pasalnya, program revitalisasi kakao yang dianggap mampu mengembalikan kejayaan bumi patampanua sebagai daerah dollar akan terwujud dengan berhasilnya program tersebut. Kini Pemda Kolaka Utara membentuk tim sembilan untuk awasi program miliaran rupiah itu.

Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar mengatakan, pihaknya telah membentuk tim sembilan untuk mengawasi berjalannya program revitalisasi sehingga kedepan program ini dapat berjalan baik dan mendaptkan hasil maksimal sesuai diharapkan.

“Kita sudah bentuk tim yaitu tim sembilan untuk mengawasi program revitalisasi ini, yang masuk dalam tim 9 adalah orang-orang yang ahli di bidang pertanian,” tuturnya.

Diapun menambahkan, bahwa program revitalisasi saat ini masuk pada tahap pembibitan, sekitar tiga Juta bibit telah disiapkan dan siap tanam apada akhir tahun.

“Sebanyak 32.000 hektar lokasi pertanian yang masuk program revitalisasi tahun ini dari dana APBD, sementara dari dana APBN sebanyak 2000 hektar dan dari Dana Desa 2000 Hektar,” tuturnya.

Ada beberapa masyarakat Kolaka Utara kata dia saat ini enggan untuk ditebang pohon kakaonya, karena belum melihat langsung bibit yang akan dibagikan.

“Saat ini sudah tahap penebangan pohon kakao, yah ada beberapa masyarakat yang masih belum mau menebang pohon kakaonya, tapi kalau bibit sudah ada nanti akan di tebang apalagi kalau pakai mesin senso itu cepat,” katanya.

Diapun mengharapakan, program revitalisasi kakao ini mendapat dukungan penuh masyarakat Kolaka utara dan mau ikut terlibat dalam suksenya program revitalisasi,”semua harus terlibat, untuk mensukseskan program ini kesuksesan program ini adalah kesuksesan masyarakat Kolaka Utara,” tandasnya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top