BERITA UTAMA

KPU Kolaka juga Blokir Caleg Mantan Korupsi

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Sama seperti daerah lain, ketua KPU Kolaka,Nur Ali memastikan calon Anggota Legislatif yang pernah jadi narapidana korupsi dipastikan tidak akan lolos. Hal itu ditegaskan Nur Ali di kantornya (10/7). “Tidak akan lolos saya kira, dan itu sudah ada ketetapan nya, asal dia mantan Napi Korupsi, pasti tidak akan diloloskan,” ujarnya.

Lanjutnya dalam PKPU nomor 20, caleg Mantan Narapidana Korupsi jelas tidak boleh diajukan oleh partainya. “Eksekusi sebenarnya itu di partai, dalam PKPU itu pengajuan bakal calon jelas harus berpedoman terhadap ketetapan itu, yaitu mantan narapidana bandar Narkoba, mantan narapidana korupsi dan mantan narapidana pelecehan seksual, saya kira jelas sekali, partai tidak boleh mengajukannya,” ungkapnya.

Jikalau pun ada partai yang meloloskan calegnya mantan narapidana korupsi atau bandar narkoba atau pelaku pelecehan seksual, kata Nur Ali, maka KPU tentu akan melihat rekam jejaknya, dan dipastikan tidak diloloskan atau dicoret.

Nur Ali juga mengatakan jika ada partai yang mencoba-coba meloloskan dalam pengajuan bakal caleg, maka tentu nama partai tersebut yang akan rusak. “Kalau sudah ditetapkan dalam aturan baru coba-coba, saya kira partainya yang akan rusak, tentu mereka akan pikirkan itu juga,” terangnya.

Kata Nur Ali pula , dalam pengajuan bakal calon beberapa berkas surat pendukung yang menyatakan bahwa mereka memenuhi syarat sebagai caleg mesti dilampirkan. Sedangkan untuk mantan napi selain bukan korupsi, bandar narkoba, dan pelecehan seksual, masih bisa diajukan dengan syarat harus mengumumkannya di media cetak. “Harus mengumumkan dirinya adalah mantan napi di media cetak lokal ataupun nasional,” tutupnya. (cr4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top