BERITA UTAMA

KPU Kolaka Tunggu Surat MK dan KPU RI

Ketua KPU Kolaka, Nur Ali.

Untuk Menetapkan Pemenang Pilkada

KOLAKAPOS, Kolaka–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka tidak akan melakukan Pleno penetapan pemenang Pilkada Kolaka sebelum ada Surat dari Mahkamah Konstitusi dan KPU RI. Bahkan meski tak ada gugatan dari pasangan calon terkait hasil penyelenggaraan Pilkada serentak kabupaten Kolaka, KPU menyatakan akan menunggu surat MK dan KPU RI. “Meski tidak ada gugatan kita tidak akan langsung melakukan pleno, sebab dasarnya kita melakukan penetapan harus ada pemberitahuan dari MK dan KPU RI,” ujar Nur Ali, Ketua KPU Kolaka di kantornya (10/7).

Dia juga mengatakan bahwa jikapun Ada gugatan, KPU siap untuk menghadapinya. Nur Ali menambahkan, jika gugatan pasangan calon telah masuk dan teregister di MK, maka pihaknya akan menunggu keputusan MK untuk pleno menetapkan pemenang pilkada Kolaka.

Toh, meskipun jika melihat selisih kemenangan tidak memungkinkan untuk melakukan gugatan, tapi KPU menganggap setiap pasangan calon memiliki hak untuk melakukan gugatan. Persoalan gugatan diterima atau tidak, kata Nur Ali itu sudah domain Mahkamah KOnstitusi. “Itu kan haknya pasangan calon yang akan menggugat, nanti MK yang putuskan apakah ditolak atau diterima,” ujarnya. (cr4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top