BERITA UTAMA

14 Kecamatan di Konsel Kena Dampak Banjir

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga didampingi Wabup Dr. Arsalim Arifin, saat meninjau salah satu Kecamatan di Konsel untuk penanganan masalah banjir

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk sementara mencatat pada tahun 2018 sebanyak 14 Kecamatan di wilayah itu terkena dampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Konsel Adywarsyah Toar, mengatakan dari total 14 kecamatan tersebut, angka kerusakan yang ditimbulkan cukup fantastis. “Total keseluruhan 14 Kecamatan 62 Desa/Kel, 1.711 KK, 6,528 jiwa dan kerusakan sawah 472 hektar,” rincinya.

Lanjutnya, terkait bantuan untuk korban banjir semua sudah disalurkan, baik logistik maupun bantuan sembako. “Kondisi saat ini, banjir sudah mulai redah tinggal beberapa saja yang volune airnya masih naik salah satunya Kecamatan Ranomeeto Barat tepatnya Desa Laikandonga. Yang mana banjir diakibatkan meluapnya sungai Konawe,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini juga pihak BPBD Konsel masih terus melakukan monitoring terhadap 14 Kecamatan tersebut. “Kita masih terus monitoring dan siaga, untuk mengantisipasi jangan sampai ada banjir susulan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya Dr. Arsalim Arifin mengungkapkan, pihaknya terus melakukan upaya terkait penanganan banjir di Konsel. “Kita mencari solusi yang sifatnya permanen, karena kita tidak ingin hanya sebatas memberikan bantuan saja, karena bantuan itu sifatnya stimulan saja, tapi yang utama bagaimana banjir tahun depan tidak terjadi lagi,” ungkapnya.

Misalnya, saja di Kecamatan Moramo Utara untuk menangani banjir Pemda Konsel membangun saluran pembuangan sepanjang dua kilometer dan di Ranomeeto Barat yakni pemindahan jalan dan pembangunan jembatan sepanjang 30 meter. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top